Sumanto Kini Resmi Jadi Ketua DPRD Jateng, Ini Tugas Beratnya

Sumanto merupakan kader PDIP tulen

Semarang, IDN Times - Selepas meninggalnya Bambang Kusriyanto alias Bambang Krebo, posisi Ketua DPRD Jawa Tengah hari ini, Senin (5/6/2023), telah terisi. Bertempat di ruang paripurna DPRD Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Sumanto secara resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Jateng definitif. 

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman. "Syukur dan terima kasih yang dilimpahkan kepada saya dihadapan saudara. Saya berjanji menjalankan amanat yang mulia," kata Sumanto saat diambil sumpah jabatannya. 

Baca Juga: Tutup Perayaan Waisak Ganjar Terbangkan Lampion Bareng Erick Thohir

1. Sumanto akan bikin sistem parlemen yang modern

Sumanto Kini Resmi Jadi Ketua DPRD Jateng, Ini Tugas BeratnyaSumanto dilantik sebagai Ketua DPRD Jateng definitif. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Usai pelantikan, Sumanto tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Lebih lanjut, Sumanto menjelaskan setelah pelantikan, dirinya akan mewujudkan sistem pemerintahan parlemen yang modern dan berkomitmen meningkatkan transparansi dan aspirasi masyarakat. 

Termasuk menata ulang mental dan kedisiplinan para anggota dewan agar mentaati aturan yang berlaku. 

"Mari kita wujudkan parlemen yang modern. Di mana anggota mau melakukan perubahan mental disiplin waktu komunikas dan aturan," paparnya. 

2. Ganjar berharap Sumanto bereskan politik anggaran

Sumanto Kini Resmi Jadi Ketua DPRD Jateng, Ini Tugas BeratnyaGubernur Jateng Ganjar Pranowo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Sumanto dapat melanjutkan kinerja Ketua DPRD sebelumnya untuk bersama membangun Jawa Tengah.

Apalagi, setelah dilantik sebagai Ketua DPRD Jateng, Ganjar berkata peran Sumanto tak mudah. Selain masih banyak pekerjaan rumah dan agenda yang harus segera diselesaikan, juga turut membantunya pada sisa masa jabatan Gubernur Jawa Tengah. 

“Artinya seperti politik anggaran yang mesti cepat beres dan target secara bersama-sama untuk menyelesaikan tugas RPJMD kita. Sehingga ini tentu di-lap terakhir tapi ya tidak mudah, mudah-mudahan Mas Manto akan bisa mengemban ini dengan efektif,” tandasnya.

3. Sumanto dilantik jadi Ketua DPRD Jateng sesuai SK Mendagri

Sumanto Kini Resmi Jadi Ketua DPRD Jateng, Ini Tugas Beratnya

Pelantikan Sumanto sebagai Ketua DPRD Jawa Tengah berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.4-1244 tahun 2023 tanggal 29 Mei 2023 tentang peresmian pengangkatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Jawa Tengah.

4. Sebelumnya jadi Ketua Komisi B DPRD Jateng

Sumanto Kini Resmi Jadi Ketua DPRD Jateng, Ini Tugas BeratnyaKetua DPRD Jateng yang baru Sumanto berfoto dengan diapit Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Sebelumnya, Sumanto menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah. Setelah mengikuti fit and proper test di DPP PDI Perjuangan pada 13 April 2023, Sumanto diajukan DPD PDI Perjuangan menggantikan almarhum Bambang Kusriyanto. Surat pengajuan tersebut kemudian disetujui anggota dewan dan dikirim ke Menteri Dalam Negeri.

Baca Juga: Kemenkumham Jateng Perbaiki Perilaku ASN, Jangan Bikin Kesalahan yang Viral!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya