Temui Ganjar, Gibran Minta Koridor BRT Ditambah

Gibran Minta sinergitas proyek transportasi diperkuat

Semarang, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyambangi rumah dinas Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Puri Gedeh Gajahmungkur, Semarang, Jumat (19/3/2021).

Gibran yang datang bersama Bupati Sukoharjo, Etty Suryani dan anggota DPR RI, Aria Bima menggelar diskusi dengan Ganjar untuk membahas persoalan konektivitas moda transportasi umum yang ada di wilayahnya. 

"Tadi ada bu Etty juga, kita membahas pengembangan Solo Raya, karena masalah Sukoharjo itu masalah Solo juga. Masalah bersama dan harus diselesaikan," kata Gibran dalam keterangan yang didapat IDN Times. 

1. Gibran minta ada penguatan sinergitas untuk proyek transportasi daerah

Temui Ganjar, Gibran Minta Koridor BRT DitambahWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berbincang dengan Ganjar Pranowo di rumah dinas Puri Gedeh. Dok Humas Pemprov Jateng

Gibran menyebut mestinya saat ini harus ada penguatan sinergitas untuk membangun infrastruktur transportasi daerah. Lebih lanjut, Gibran berkata persoalan yang kini mangganjal ialah terkait underpass Makamhaji yang telah ditutup. 

Masalah itu, katanya tak cuma dialami oleh Kabupaten Sukoharjo. Melainkan juga berdampak terhadap aktivitas warga solo. Adanya jalan berlubang di Gemolong juga warga yang mengadu pada dirinya.

"Kan tidak bisa saya bilang, itu bukan kewenangan saya karena bukan wilayah Solo, nggak bisa seperti itu. Sekarang semua masalah harus diselesaikan bersama, karena Solo Raya ini saling bergandengan tangan," imbuhnya.

Baca Juga: Strategi Gibran Majukan Wisata Solo, Wellnes Tourism Hingga Sport

2. Gibran: Koridor BRT harus ditambah

Temui Ganjar, Gibran Minta Koridor BRT DitambahWali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dok Humas Pemprov Jateng

Masalah lain yang muncul terkait rencana pengembangan moda kereta api yang menghubungkan Solo Raya dan penambahan koridor BRT. Pihaknya saat ini telah menyusun program kerja dalam RPJMD. Ia meminta adanya koordinasi antar wilayah agar pembangunan bisa sejalan di Solo Raya.

"KRL sudah disiapkan, selain itu koridor-koridor BRT juga harus ditambah. Sehingga, konektivitas dan jangkauan masyarakat jadi lebih luas," jelasnya.

Bupati Sukoharjo, Etty Suryani mendukung mengatakan banyak persoalan yang harus diselesaikan bersama antar wilayah itu. "Misalnya persoalan jalan, transportasi umum dan lainnya. Belum lagi pengembangan wisata yang juga harus terintegrasi," ucapnya.

3. Ganjar sarankan program kerja Gibran dimasukan ke Musrenbang tahun 2022

Temui Ganjar, Gibran Minta Koridor BRT DitambahGubernur Jateng Ganjar Pranowo ketika membahas persoalan jalan raya dengan Bupati Sukoharjo. Dok Humas Pemprov Jateng

Dilain pihak, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta agar program-program kerja yang telah disiapkan segera dimasukkan dalam Musrenbang 2022. Sebab saat ini, Musrenbang 2022 sudah berjalan dan daerah diminta memetakan program-program prioritas.

Ia ingin agar pembangunan wilayah di Jawa tengah tidak berjalan sendiri-sendiri. Kolaborasi antar wilayah sangat penting untuk mendukung jalannya pembangunan itu.

"Apalagi Solo Raya ini, saling berkaitan antar satu sama lainnya. Jadi memang harus bersinergi, baik pembangunan infrastruktur, transportasi, sosial, pengembangan pariwisata dan lainnya," terangnya.

Baca Juga: Polisi Virtual Ciduk Warga Usai Kritik Gibran, ICJR: Picu Ketakutan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya