Waduh! Terlibat Calo Penerimaan Bintara, 5 Polisi di Jateng Diperiksa Propam

Ada dua Pamen dan tiga bintara yang terlibat

Semarang, IDN Times - Lima polisi yang bertugas di Polda Jawa Tengah bakal menjalani sidang kode etik atas keterlibatannya dalam dugaan pencaloan penerimaan bintara Polri pada tahun 2022. 

1. Lima polisi diperiksa Propam Polda Jateng

Waduh! Terlibat Calo Penerimaan Bintara, 5 Polisi di Jateng Diperiksa PropamKabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy saat memberikan keterangan kepada awak media. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, kelima orang tersebut telah menjalani pemeriksaan intensif dari penyidik Bidpropam. 

"Mereka atas inisiatif pribadi diduga kuat melakukan pencaloan atau aksi KKN dalam tes masuk Bintara Polri tahun 2022," kata Iqbal, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: OTT Penerimaan Bintara Polda Jateng: 5 Polisi Jadi Calo Diproses Etik

2. Dua pamen dan satu AKP terseret OTT Mabes Polri

Waduh! Terlibat Calo Penerimaan Bintara, 5 Polisi di Jateng Diperiksa Propam(Ilustrasi tahanan KPK mulai diborgol) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Ulah kelima polisi itu terbongkar setelah dilakukan operasi tangkap tangan (OTT) oleh Divisi Propam Mabes Polri. Ia menyebut lima polisi tersebut langsung diperiksa secara intensif. 

Iqbal berkata dari kelima polisi yang diperiksa, terdapat dua perwira menengah, satu berpangkat AKP dan tiga orang Bintara. 

"Adapun kelima orang terdiri dari dua Kompol, satu AKP dan tiga Bintara. Mereka adalah Kompol AR, Kompol KN, AKP CS, Bripka Z dan Brigadir EW," bebernya. 

3. Lima polisi akan jalani sidang etik

Waduh! Terlibat Calo Penerimaan Bintara, 5 Polisi di Jateng Diperiksa Propam(Proses seleksi pemeriksaan berkas calon Bintara dan Akpol di Polres Muba) IDN Times/Istimewa

Kemudian penyidikan atas keterlibatan mereka dilimpahkan ke Bidpropam Polda Jateng. "Dan saat ini proses berkas perkaranya sudah tuntas. Siap disidangkan secara kode etik," jelasnya.

Terkait desakan LSM agar penanganan kasus ini dikawal secara ketat, Iqbal mengatakan pihaknya amat mendukung dan siap menyampaikan hasilnya secara terbuka.

"Silahkan dikawal dan dipantau. Yang jelas kelima oknum anggota tersebut sudah menjalani pemeriksaan dan akan segera disidangkan secara kode etik dalam waktu dekat. Adapun hasilnya nanti akan disampaikan para rekan-rekan media," tutupnya. 

Baca Juga: IPW Desak Kapolri Jelaskan OTT Penerimaan Bintara Polda Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya