322 Anak di Solo Yatim Piatu Karena COVID-19, Bakal Dapat Bantuan 

Besaran bantuan mulai Rp200 ribu

Surakarta, IDN Times - Tercatat ada 322 anak di Kota Solo yang menjadi yatim dan yatim piatu karena orang tuanya meninggal akibat COVID-19. Kementerian Sosial (Kemensos) berencana akan memberikan bantuan kepada anak yatim tersebut.

Baca Juga: Solo Turun ke PPKM Level 3, Jadwal PTM Mulai Digelar September

1. Data anak yatim piatu sudah terverifikasi

322 Anak di Solo Yatim Piatu Karena COVID-19, Bakal Dapat Bantuan Walikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan saat ini terdapat 322 anak yatim dan yatim piatu yang sudah terdata dan terverifikasi. Orang tua mereka meninggal karena COVID-19.

"Anak yatim data sudah saya berikan ke Pak Gubernur dan diminta Bu Menteri (Mensos.red), Solo ada 322 anak, tapi sudah saya serahkan datanya," katanya Senin (30/8/2021).

2. Akan berikan bantuan.

322 Anak di Solo Yatim Piatu Karena COVID-19, Bakal Dapat Bantuan Mensos Tri Risma Harini berikan bantuan ke anak yatim piatu di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Mensos RI Tri Risma Harini mengatakan meminta bantuan kepada Wali kota Solo untuk melakukan pendataan secara menyeluruh kepada anak yang orang tuanya meninggal karena COVID-19.

"Jadi kan ada beberapa anak yang orang tuanya meninggal karena Covid, tadi kan belum seluruhnya, baru sebagian jadi saya minta bantuan, kan saya nggak tahu siapa-siapanya jadi saya minta bantuan Pak Wali untuk pendataan itu sehingga nanti kita bisa bantu untuk atensinya," ungkapnya.

Lebih lanjut Risma mengaku, bantuan untuk anak yatim piatu korban COVID-19 ini memang belum dianggarkan oleh Kementerian Sosial, karena sebelumnya dirinya terprediksinya imbas dari tingginya angka kematian COVID-19 ini. Pihaknya terpaksa memotong beberapa anggaran untuk dialokasikan kepada anak yatim piatu tersebut.

"Untuk mereka yang tahun ini yang ditinggal karena pandemi, terus terang kita mendadak jadi saya ngalokasikan dengan anggaran yang ada tahun ini," ungkapnya.

3. Besaran bantuan berbeda-beda

322 Anak di Solo Yatim Piatu Karena COVID-19, Bakal Dapat Bantuan Bantuan ke anak yatim piatu dari Kemensos di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Risma mengatakan untuk besaran bantuan yang diterima oleh anak yatim piatu dampak COVID-19 tersebut berbeda-beda. Hal itu tergantung dari usia dan tingkat kebutuhan masing-masing anak.

"Bantuan dalam bentuk bantuan sosial tunai, ya nanti tiap bulan mereka akan menerima santunan kalau sudah sekolah Rp200 ribu kalau belum sekolah dan Rp300 ribu sesuai standard PKH," jelasnya.

Ke depan, Risma berupaya untuk menyasar ke anak yatim piatu lain, tak hanya anak yatim piatu akibat COVID-19 namun juga anak yatim piatu semuanya yang ditunggal meninggal oleh orang tuanya.

Baca Juga: Kena Hoax, 50 Persen Eks Napiter Solo Raya Gak Mau Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya