Comscore Tracker

Bukan Sedan Mewah, Gibran Pilih Mobil Dinas Innova Bekas Ketua PKK

Sebelumnya digunakan istri wali kota Rudy

Solo, IDN Times - Usai dilantik jadi Wali Kota Solo periode 2021-2026, Gibran Rakabuming Raka langsung bekerja dengan menggunakan mobil dinas Toyota Inova Reborn berwarna putih.

Baca Juga: Isi Pidato Gibran Saat Pelantikan Wali Kota Solo, Kebut Vaksinasi

1. Merupakan pilihan Gibran

Bukan Sedan Mewah, Gibran Pilih Mobil Dinas Innova Bekas Ketua PKKGibran Rakabuming Raka usai pelantikan. IDN Times/Larasati Rey

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Solo, Ahyani mengatakan mobil dinas baik untuk Wali Kota maupun Wakil Wali Kota adalah Toyota Reborn tahun pembuatan 2018. Mobil berwarna putih tersebut langsung diberi plat nomor AD 1 A dan AD 2 A.

Ahyani mengatakan mobil dinas berwarna putih tersebut merupakan pilihan dari Gibran sendiri.

" Ya dari beliau sendiri, kita siapkan milih itu (Inova putih), sebelumnya kita tawari tiga ada Camri, Innova putih, dan Innova AD 100 dan beliau memilih itu (Inova putih)," ujarnya saat ditemui Jumat (26/2/21).

"Kalau di lapangan lebih nyaman itu, ya dari beliau sendiri, kita siapkan milih itu.
Ya itu, camri dan innova ad 100 dan ini. Sopirnya pak murih dulu saya di setda," lanjutnya.

2. Merupakan bekas mobil dinas istri Wali Kota sebelumnya.

Bukan Sedan Mewah, Gibran Pilih Mobil Dinas Innova Bekas Ketua PKKGibran Rakabuming Raka bertemu dengan FX Hadi Rudyatmo Wali Kota Solo sebelumnya. Istimewa

Lebih lanjut, Ahyani mengatakan mobil dinas yang dipilih oleh putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut sebelumnya merupakan mobil dinas yang dipakai oleh istri Wali Kota sebelumnya, yakni Endang Rudyatmo. Mobil tersebut biasanya digunakan untuk acara PKK dan kegiatan lainnya.

"Enggak baru itu dulu memang untuk ibu (Endang Rudyatmo), khusus ibu dulu kan warna putih. Ini mobil lama 2018," tandasnya.

Ahyani menegaskan tidak ada mobil dinas baru untuk Gibran pada masa awal menjabat sebagai Wali Kota. Pengadaan mobil dinas sendiri ditiadakan lantaran anggaran dialihkan untuk penanganan pandemi COVID-19. 

Sedangkan Selvi Ananda, nantinya akan menggunakan mobil dinas Toyota Camry tahun 2012 yang dulunya dipakai oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo semasa menjabat.

"Ya untuk ibu (Selvi Ananda) ya nanti dituker aja sedannya nanti untuk ibu, hanya tukeran saja," jelasnya.

3. Sopir pribadi dari ASN

Bukan Sedan Mewah, Gibran Pilih Mobil Dinas Innova Bekas Ketua PKKMobil dinas Gibran Rakabuming Raka. IDN Times/Larasati Rey

Tak hanya mendapat mobil dinas, Gibran juga mendapat sopir pribadi dari kalangan ASN. Sopir pribadi tersebut sebelumnya merupakan sopir pribadi Sekda Solo dan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo.

"Sopir pribadi kita siapkan dari kalangan ASN, nanti cadangan juga banyak di bagian umum,"jelasnya.

Sementara itu, Murih Slamet sopir pribadi Gibran mengaku kaget saat ditunjuk sebagai pengemudi mobil AD 1 A tersebut. Kendati memiliki Wali Kota anak muda, ia berusaha untuk mengimbangi kerja Gibran yang dikenal dengan cepat.

"Ya sebagai semampu saya melayani pimpinan siapa yang saya yang derekke (mengantarkan.red) pokoknya siap melayani lah,"pungkasnya.

Baca Juga: Anggun, Harga Fashion Selvi Ananda Saat Pelantikan Pakai Brand Spanyol

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya