Catat! Tol Solo-Yogyakarta Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Cuma 6 Km

Jadi jalur alternatif pecah kemacetan di arah Solo

Surakarta, IDN Times - Sejumlah ruas jalan tol Solo--Yogyakarta akan mulai difungsikan pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2023 mendatang. Saat ini, beberapa ruas tol tersebut masih dalam proses pengerjaan.

1. Ruas yang dibuka hanya 6 kilometer

Catat! Tol Solo-Yogyakarta Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Cuma 6 KmPembangunan tol Solo-Yogyakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Manager Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra mengatakan, meski telah mulai difungsikan pembukaan jalan tol Solo-Yogyakarta belum sepenuhnya digunakan semuanya. Pembukaan hanya sepanjang 6 kilometer yang dimulai dari pintu tol Colomadu hingga Sawit, Boyolali.

"Untuk rencana dibuka fungsional sekitar H-7 untuk 1 arah ke arah sawit, lalu H+7 ke arah sebaliknya," katanya Senin (27/03/2023).

Baca Juga: 700 Pedagang Bakso Pilih Layanan Mudik Gratis, Pesan 14 Bus Tujuan Wonogiri

2. Kurangi kemacetran di perempatan Kartasura

Catat! Tol Solo-Yogyakarta Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Cuma 6 Kmilustrasi macet (unsplash.com/ Nabeel Syed)

General Manager (GM) Lahan dan Utilitas PT JMM, Muhammad Amin menambahkan, untuk ruas Kartasura hingga Desa Sawit saat ini masih dalam pengerjaan. Mulai dari penimbunan tanah, material, pemadatan hingga pengecoran supaya bisa dilewati para pemudik.

Difungsikannya tol Solo-Yogyakarta tersebut sabagai salah satu jalur alternatif untuk arus mudik Lebaran 2023. Tol tersebut nantinya untuk memecah kemacetan yang terjadi di Kartasura, Sukoharjo atau pengendara yang ingin melanjutkan perjalanan ke Solo.

"Jadi nanti pengendara yang keluar exit tol Colomadu bisa langsung melawati samping overpass yang di toko besi itu. Naik terus melawati badan jalan tol dan keluar di STA Desa Sawit," terangnya.

3. Siagakan petugas di Posko Lebaran

Catat! Tol Solo-Yogyakarta Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Cuma 6 KmProyek tol Solo-Jogja. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, terkait keamanan di ruas tol tersebut, Amin menyampaikan akan ada posko dari jalan tol dan aparat TNI/Polri.

"Nanti pasti ada posko Lebaran yang disiapkan oleh jalan tol dan aparat terkait. Itu pasti ada, nanti yang buka tutup mereka. Ini untuk memecah kemacetan yang ada di Kartasura," pungkasnya.

Baca Juga: Flash Sale! KAI Obral Tiket Murah Mudik Lebaran Serba Rp100 Ribu

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya