Daftar Fasilitas 2 Rumah Sehat Isoman UNS Solo: Gratis Wifi, Kamar AC

Inisiasi membantu pasien COVID-19 di Kota Surakarta

Surakarta, IDN Times - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyiapkan dua rumah sehat untuk isolasi mandiri (isoman) bagi masyarakat yang dinyatakan positif COVID-19. Rumah sehat 1 ada di gedung Merc di komplek Rumah Sakit (RS) UNS dan rumah sehat 2 di gedung E Asrama Mahasiswa UNS Ngoresan, Jebres, Solo.

1. Bentuk antisipasi pandemik COVID-19 yang semakin lama

Daftar Fasilitas 2 Rumah Sehat Isoman UNS Solo: Gratis Wifi, Kamar ACIDN Times/Larasati Rey

Rumah sehat 1--yang sudah dioperasionalkan sejak akhir Januari 2021--diperuntukkan untuk tempat isolasi mandiri. Kapasitsnya mencapai 180 tempat tidur dengan fasilitas makan 3 kali, vitamin, wifi, area berjemur, kamar mandi, mesin cuci dan lain-lain serta didampingi pihak RS UNS dan para psikolog.

Sedangkan rumah sehat 2 untuk isolasi mandiri di Asrama Mahasiswa UNS. Ada 114 kamar dengan 10 kamar ber-AC, 228 tempat tidur, 2 kamar mandi/kamar dan mendapat fasilitas makan 3 kali, multivitamin, wifi, TV, sarana olah raga, area berjemur, lapangan yang luas, taman dan alat memasak.

Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho menyebut dua rumah isolasi tersebut sengaja disiapkan sebagai antisipasi jika pandemik COVID-19 yang sudah memasuki tahun kedua belum ada tanda-tanda kapan akan selesai.

"Ini mendorong UNS untuk meningkatkan solidaritas sosial dan berbagi bersama dengan berbagai kegiatan empati sosial yang dilakukan oleh segenap komponen masyarakat. Termasuk kepedulian dunia kampus dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Karena semakin banyak masyarakat yang terkena virus corona," terangnya, Selasa (27/7/21).

Baca Juga: Testing COVID-19 Kota Solo Tertinggi di Indonesia, Sehari 1.112 Orang

2. Inisiasi gerakan rumah sehat sudah sejak awal pandemik

Daftar Fasilitas 2 Rumah Sehat Isoman UNS Solo: Gratis Wifi, Kamar ACIDN Times/Larasati Rey

Prof Jamal menjelaskan, sejak awal pandemik atau Maret 2020, UNS sudah menggalang aksi sosial dari para dosen dan tenaga kependidikan yang rela menyisihkan uang remunerasi/ tunjangan dosen/ tunjangan guru besar/ uang makan dan lain-lain, yang ditotal jumlahnya mencapai Rp1 miliar. Uang tersebut digunakan para mahasiswa, karyawan UNS serta masyarakat di sekitar kampus yang terdampak pandemi COVID-19.

Periode selanjutnya gerakan solidaritas sosial dan toleransi UNS menghadapi virus corona dilanjutkan dengan pengumpulan donasi UNS Peduli COVID-19, seiring meningkatnya kasus saat ini.

3. Rumah sehat untuk civitas akademika dan warga di sekitas kampus UNS

Daftar Fasilitas 2 Rumah Sehat Isoman UNS Solo: Gratis Wifi, Kamar ACquipper.com

Semua sarana dan prasarana baik di rumah sehat 1 dan rumah sehat 2 diperuntukkan untuk mahasiswa atau karyawan UNS atau masyarakat Sukoharjo dan yang tinggal di sekitar kampus Kentingan.

"Pemanfaatan rumah sehat 1 dan 2 UNS untuk isolasi mandiri bagi para penderita COVID-19 tersebut semuanya tanpa dipungut biaya alias gratis sebagai bentuk solidaritas sosial," ujar Prof Jamal.

Baca Juga: Solo Dapat Bantuan 200 Tabung Oksigen yang Dikirim Dari Singapura 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya