Dibuka Kembali, Ini Jam Buka dan Operasional Museum Keraton Solo

Setelah 8 bulan tutup.

Solo, IDN Times - Pasca ditutup awal pandemik COVID-19, Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo mulai dibuka kembali untuk umum, Minggu (8/11/20) yang lalu. Pengelola museum menerapkan protokol kesehatan bagi para pengunjung yang hendak masuk ke area museum.

Baca Juga: Kirab Kerbau Bule Keraton Solo Pada Malam 1 Suro Ditiadakan 

1. Pengunjung wajib patuhi protokol kesehatan

Dibuka Kembali, Ini Jam Buka dan Operasional Museum Keraton SoloPengecekan suhu tubuh pada pengujung di Museum Keraton Kasunanan Surakarta. IDNTimes/Larasati Rey

Pembukaan, museum Keraton Kasunan Hadiningrat tersebut merupakan pembukaan yang perdana pasca ditutup pada bulan Maret 2020, yakni saat awal pandemik COVID-19 mewabah di Indonesia.

Kepala Museum Keraton Solo, K.R.A. Dany Nur Adiningrat, menjelaskan pembukaan museum tersebut menerapkan protokol kesehatan, dimana pengunjung wajib menggunakan masker, mencuci tangan , dan menjaga jarak. Pihak pengelola juga melarang adanya anak-anak dibawah 15 tahun dan lansia untuk masuk ke area museum, hal ini bertujuan untuk mencegah penularan virus .

“Kami enggak mau kawasan kami menjadi klaster penyebaran COVID-19. Kunjungan berapapun kami layani tapi dengan pembatasan yang berlaku,” ungkapnya.

Pihak pengelola museum juga menyiapkan fasilitas mencuci tangan , dan pengecekan suhu tubuh kepada pengunjung yang hendak memasuki area museum.

2. Dibuka setiap hari

Dibuka Kembali, Ini Jam Buka dan Operasional Museum Keraton SoloKawasan dalam Museum Keraton Kasunanan Surakarta. IDNTimes/Larasati Rey

Operasional Museum Keraton sendiri dibuka setiap hari, mulai  Senin sampai Kamis pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB dengan Rp15.000 per tiket.

Rata-rata pengujung museum paling banyak pada akhir pekan, yakni mencapai 500 orang. “Rata-rata pengunjung museum sebanyak 500 orang per hari pada Sabtu dan Minggu,” ujar Dany.

Pihak pengelola sendiri berencana akan memperluas kawasan museum hingga 1 hektare, namun pembukaan perluasan museum tersebut masih menunggu situasi dan kondisi COVID-19.

3. Koleksi museum

Dibuka Kembali, Ini Jam Buka dan Operasional Museum Keraton SoloMuseum Keraton Kasunanan Surakarta. IDNTimes/Larasati Rey

Museum Keraton Surakarta sendiri terletak di kawasan Keraton Kasunanan Surakarta, di dalam museum ini terdapat berbagai barang peninggalan raja Pakoe Buwono semasa memerintah keraton.

Koleksi museum diantarananya ruang deretan foto-foto sultan di Keraton Surakarta mulai dari Paku Buwana VII hingga Pakubuwana X. Di dalam ruangan ini pula terdapat beberapa kursi ukiran yang  sudah tua namun masih asli sejak tahun 1700-an atau sejak zaman Paku Buwana IV.

Ruang pameran koleksi arca dan beberapa batik khas Solo. Kemudian, ruangan pameran keempat dan kelima di museum ini, kamu akan disajikan oleh pameran-pameran benda kesenian yang sangat lengkap. Menikmati pameran benda sini di museum ini membuatmu semakin mengerti kenapa Solo dinobatkan sebagai Kota Kebudayaan.

Ruang pameran koleksi topeng dan beberapa relief tari-tarian. Koleksi topeng Museum Keraton Surakarta cukup lengkap karena topeng-topeng ini biasanya digunakan untuk pertunjukan tari topeng.

Ruangan pameran alat-alat upacara adat koleksi museum seperti bokor, kendi, dan payung-payung susun untuk pelengkap upacara khitanan pangeran Keraton.

Baca Juga: Keturunan Kyai Slamet, Kerbau Bule Tertua di Keraton Solo Mati

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya