Gak Bahas Politik, Isi Obrolan Ahok Saat Bertemu Gibran di Solo

Tertarik soal penghijauan Kota Solo

Solo, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta yang saat ini menjabat Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengunjungi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Lodji Gandrung, Rabu (7/4/21) malam.

Baca Juga: Gibran Buat Rumah Karantina, Cegah Pemudik Kucing-kucingan ke Solo

1. Membahas upaya penghijauan Kota Solo

Gak Bahas Politik, Isi Obrolan Ahok Saat Bertemu Gibran di SoloWali Kota Solo Gibran Rakabuming bertemu Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama (Ahok) di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Dalam pertemuan tersebut Ahok mengaku menyempatkan diri bertemu putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut, disela kunjungan kerjanya di Cepu. Ia mengaku banyak memberikan masukan kepada Gibran terkait dengan penghijauan di Kota Solo.

"Saya kira Pak Wali sudah sangat baik, saya lihat sudah 'ngurusin' pendidikan, kesehatan, rumah sakit. Tinggal taman mestinya lebih hijau, kita lihatlah Pertamina juga mendukung masalah penghijauan," katanya.

Ahok juga menjelaskan beberapa program program pertanggungjawaban sosial perusahaan yang dilakukan PT Pertamina (Persero) adalah Pertamina Hijau. Diantaranya Pertamina Sehat, Pertamina Hijau, Pertamina Berdikari itu untuk UMKM. "Namun, untuk Pertamina Hijau, Mas Gibran bisa sesuai program itu," imbuhnya.

2. Tak bahas politik dan bisnis

Gak Bahas Politik, Isi Obrolan Ahok Saat Bertemu Gibran di SoloWali Kota Solo Gibran Rakabuming bertemu Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama (Ahok) di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Ahok, mengatakan dalam pertemuan tersebut keduanya tidak membahas masalah politik maupun bisnis. Ahok menili kinerja Gibran sudah sangat baik mengurusi kesehatan maupun pendidikan di Kota Solo.

"Ngobrol biasalah, tadi ngobrol berhenti-berhenti karena makanannya banyak. Tadi Mas Gibran bilang kalau bisnis semua sudah diserahkan ke Mas Kaesang jadi saya tidak omong bisnis," ujarnya.

Ahok mengaku kedatangannya ke Loji Gandrung tersebut merupakan kedatangan kedua. Pertama pada tanggal 9 Februari 2012 bertemu dengan Jokowi saat masih menjabat Wali Kota Solo. Dan Kedua bertemu dengan Gibran yabg juga menjabat sebagai Wali Kota.

3. Gibran mengaku terima banyak masukan

Gak Bahas Politik, Isi Obrolan Ahok Saat Bertemu Gibran di SoloWali Kota Solo Gibran Rakabuming bertemu Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama (Ahok) di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Gibran mengatakan dirinya banyak mendapat masukan dari Ahok terkait ruang terbuka hijau.

"Banyak bicara leadership, beliau kan termasuk orang yang saya idolakan. Orangnya cerdas dan cak cek (cekatan). Saya dengan Pak Ahok sering bertemu tapi sudah lama tidak ketemu. Terakhir saat pelantikan Bapak (Presiden Joko Widodo)," kata Gibran.

4. Singgung bahan bakar premium

Gak Bahas Politik, Isi Obrolan Ahok Saat Bertemu Gibran di SoloKomisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahja Purnama (Ahok). IDNTimes/Larasati Rey

Pada kesempatan tersebut, Ahok juga sempat membahas soal konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium masih digunakan oleh sebagian masyarakat. Ahok mengatakan jika pada saat ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, kebijakan penggunaa premium dihapus.

"Dulu di DKI sudah saya hapus, tetapi memang di beberapa daerah masih membutuhkan. Makanya kita lagi bikin program langit biru untuk mengajak masyarakat, mendidik supaya meninggalkan premium karena secara kualitas kan kurang baik," katanya.

Ahok meminta masyarakat untuk meninggalkan bahan bakar minyak (BBM) Premium. Masyarakat dihimbau untuk menggunakan Pertalite dan Pertamax karena lebih hemat.

"Tetapi secara kebutuhan ekonomi memang rakyat masih membutuhkan premium, makanya ini bertahap. Di Jawa Tengah sedikit sekali yang pakai premium. Masyarakat makin sadar dari sisi lingkungan dan sisi ekonomis memang lebih baik pertamax," pungkasnya.

Baca Juga: Temui Gibran Malam-malam, Ahok Ngaku Bahas Penghijauan

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya