Comscore Tracker

Gibran Positif COVID-19, Wakil Wali Kota Solo Gak Masuk Tracing

Anak, istri, dan 2 ajudan Gibran ngatif virus corona

Surakarta, IDN Times - Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa membeberkan kondisi kesehatan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang terkonfirmasi positif COVID-19. Teguh mengaku jika Gibran menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah dinas wali kota Loji Gandrung sejak dinyatakan positif pada Jumat (4/03/2022).

1. Gibran isolasi mandiri di rumah dinas

Gibran Positif COVID-19, Wakil Wali Kota Solo Gak Masuk Tracingsurakarta.go.id

Teguh mengatakan, kondisi orang nomor satu di Kota Solo itu dalam kondisi baik. Saat ini, Gibran menjalani isolasi mandiri selama tujuh hari ke depan di Loji Gandrung.

"Saat ini (Gibran) isoman di Loji. Sama seperti sebelumnya. Minimal kan isoman 7 hari," ungkapnya saat ditemui di kantor Balaikota Solo, Senin (7/03/2022).

Teguh mengaku jika sebelum tes polymerase chain reaction (PCR), Gibran sempat mengeluh batuk-batuk, namun tidak sampai mengalami gejala flu berat.

"Terakhir pelantikan Rabu (2/3/2022) itu. Dan tidak ada masalah apa-apa, hanya batuk-batuk, tapi flu tidak," katanya.

Baca Juga: Terpapar COVID-19, Ini Sejumlah Kegiatan Gibran Sebelum Isolasi

2. Keluarga dan ajudan Gibran negatif COVID-19

Gibran Positif COVID-19, Wakil Wali Kota Solo Gak Masuk TracingIstimewa/Agus Suparto

Meski demikian, istri Gibran, Selvi Ananda dan dua orang anaknya Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah tidak positif COVID-19. Adapun, dua ajudan Gibran, Yusuf dan Wisnu juga dinyatakan negatif virus corona.

"Semua aman termasuk ajudan. termasuk keluarganya," ungkap Teguh.

Sementara itu, Teguh mengaku tidak melakukan kontak erat dengan Gibran setelah positif COVID-19.

"Saya alhamdulilah tidak ikut ke-tracing. Alhamdulillah kondisi saya sehat. Dan kami kan jarang sekali dalam satu panggung, jarang. Senin, Selasa, pelantikan hari Rabu, setelah itu tidak kontak erat," akunya.

3. Gibran diduga mengalami kelelahan fisik

Gibran Positif COVID-19, Wakil Wali Kota Solo Gak Masuk TracingGibran Rakabuming bertanding bola saat pisah sambut Danrem, Selasa (1/03/2022). (Dok/Humas Pemkot Solo)

Teguh tak merinci kapan Gibran terpapar virus tersebut. Menurutnya, aktivitas yang dijalani Gibran dalam beberapa hari terakhir cukup padat sehingga menyebabkan kelelahan yang berdampak pada turunnya imunitas tubuh.

"Saya tidak tahu itu (kapan tertularnya).  Karena yang lain sehat-sehat semua. Omicron ini kan berbeda dari yang kemarin. Tergantung kondisi fisik. Artinya gejalanya tidak begitu berat tergantung dari fisiknya. Ya, mungkin kemarin kelelahan sepak bola main full time, lari-lari terus kan bisa saja jadinya kondisinya capek," imbuhnya.

Dengan kondisi Gibran yang masih isoman, sejumlah agenda wali kota didisposisikan kepada Teguh sejak Jumat (4/3/2022).

"Kegiatan ini kan sepanjang ada tugas yang bisa dilimpahkan, ya orang lain yang menjalankan. Tapi kalau makin cepet sehat ya makin baik. Artinya tanggung jawabnya pada masyarakat umum segera kembali diselesaikan," pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Kembali Positif COVID-19, Sempat Mengeluh Batuk-Batuk

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya