Comscore Tracker

Elektabilitas Meroket di Bursa Pilgub Jateng, Gibran: Saya di Solo Aja

Hasil survei Charta Politika elektabilitas Gibran tertinggi

Surakarta, IDN Times - Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali mencuat dalam survei preferensi sosial masyarakat di Jawa Tengah. Namanya bahkan mengalahkan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin.

Baca Juga: Survei Capres 2024: Gibran Salip Anies Baswedan dan AHY

1. Dirilis oleh lembaga survei Charta Politika

Elektabilitas Meroket di Bursa Pilgub Jateng, Gibran: Saya di Solo AjaDok/Charta Politika Indonesia

Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis laporan survei peta elektoral di Provinsi Jawa Tengah. Pada survei tersebut Gibran menduduki peringkat tertinggi responden dengan angka 34,8 persen.

Angka tersebut berada jauh di atas nama Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen dengan 9,3 persen diperingkat kedua. Untuk peringkat ketiga ada nama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dengan 6,9 persen.

Sedangkan untuk tokoh-tokoh Jawa Tengah lain dibawahnya ada, Rustriningsih (3,8 persen), Achmad Husein (3,8 persen), FX Hadi Rudyatmo (3,1 persen).

Kemudian Yulianto (1,5 persen), Bambang (Pacul) Wuryanto (0,9 persen). Lalu ada Yoyok Riyo Sudibyo, Sunarna, dan Condro Kirono.

2. Gibran enggan tanggapi hasil survei

Elektabilitas Meroket di Bursa Pilgub Jateng, Gibran: Saya di Solo AjaWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. IDNTimes/Larasati Rey

Menanggapi hasil survei tersebut, Gibran mengaku enggan memikirkan hasil survei. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menegaskan masih akan fokus untuk pekerjaan di Kota Solo.

"Survei opo. Kita itu fokus pekerjaan di Solo dulu, lihat tadi kita baru saja ground breaking malah mikir nyagub. Ndak-ndak," terang Gibran saat ditemui, Sabtu (8/1/2022).

Gibran mengaku jika saat ini masih banyak program yang belum dilaksanakan. Ia juga mengaku belum memikirkan langkah kedepannya.

"Mikir gawean sik, mikir COVID-19, mikir pemilihan ekonomi di Solo dulu. Saya di Solo saja, pekerjaan masih banyak, kita selesaikan dulu," ungkapnya.

"Belum tahu nanti. Menyelesaikan pekerjaan di Solo dulu sampai tuntas, masih banyak," imbuhnya.

3. Masih ingin fokus di Solo

Elektabilitas Meroket di Bursa Pilgub Jateng, Gibran: Saya di Solo AjaWalikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Disinggung soal periode kepimpinan dua periode dirinya, Gibran tak ingin mengandai-andai. Ia mengatakan periode menjabat tersebut tergantung pada masyarakat yang memilihnya.

"Itu yang memilih masyarakat, bukan saya," sambung dia.

Seperti diketahui, jika ini merupakan bukan survei yang pertama dengan elektabilitas Gibran tertinggi di atas tokoh-tokoh nasional. Belum lama ini elektabilitas Gibran di atas Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk masuk bursa calon presiden (capres) 2024.

Baca Juga: Gibran Balas Sanjungan Anies: Beliau Itu Kepala Daerah yang Sukses

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya