IDN Times Ajak Mahasiswa UMS Bikin Konten Berfaedah

IDN Times Roadshow Campus.

Solo, IDN Times - Tim IDN Times sambangi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ratusan mahasiswa dari berbagai lini hadir memeriahkan IDN Times Campus  Roadshow yang digelar di Gedung Siti Walidah, UMS, Jumat (20/9).


Menampilkan dua pembicara yakni editor IDN Times Risang Paulus dan Kepala Humas UMS Budi Santoso. IDN Times Campus Roadshow UMS ini adalah roadshow terakhir setelah digelar sebelumnya di tujuh kampus di dua kota yakni Yogyakarta dan Semarang.


Roadshow diantaranya dilangsungkan di UNIKA Soegijapranata, Universitas Negeri Semarang, Universitas Dian Nuswantara, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, UPN Veteran Yogyakarta, dan terakhir di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mengambil tema ‘Explore the new wave of trusted information’ IDN Times ingin memberikan angin segar dalam dunia pemberitaaan.

1. Ajarkan konten berfaedah

IDN Times Ajak Mahasiswa UMS Bikin Konten BerfaedahIDN Times / Larasati Rey

Comunity Development Manager IDN Times, Ruth Ditha Cristianti  mengatakan marakanya konten negatif di media sosial menjadi keprihatinan tersendiri bagi IDN Times. Untuk itu, ia sengaja mengambil tema ‘Konten Berfaedah’ yang dimaksudkan untuk mengajak generasi milenial untuk mengkonsumsi berita berita yang benar dan baik.

“Kita menyadari bahwa konten di luar sana beragam, dan media menjadi beban untuk mengarahkan ke konten yang benar,” ujarnya.

Dengan memberikan positive impact of society kepada mahasiswa, hadirnya IDN Times di kampus ini mampu mengubah cara pandang mahasiswa dalam konteks membaca dan memilih berita yang benar dan memberikan informasi yang baru.

2. Kenalkan IND Times community

IDN Times Ajak Mahasiswa UMS Bikin Konten BerfaedahIDN Times / Larasati Rey

Selain memberikan edukasi tetang dunia pemberitaaan, tim dari IDN Times juga mengajarkan cara membuat berita yang menarik dan memberikan informasi yang unik.

Tak hanya itu para mahasiswa juga diajak untuk membuat tulisan di dalam IDN Times community. Dari sini mahasiswa bisa mengerti bagaimana menulis berita sesuai sesuai prinsip dasar jurnalistik yang benar.

“Workshop creative reading inimenulis di media online. Mengajak mahasiswa menulis dan mengajarin untuk submits berita dan sumber dan ini lebih intim kepada mereka,” ujar Ruth.

3. Ajari mahasiswa mandiri

IDN Times Ajak Mahasiswa UMS Bikin Konten BerfaedahIDN Times / Larasati Rey

Dengan dipandu oleh editor IDN Times, Paulus Risang para mahasiswa nampak begitu antusias mencoba untuk menulis berita melalui CMS IDN Times.

Selain mengajarkan cara menulis di laman community IDN, Risang juga mengajak mahasiswa UMS untuk bisa mengasilkan pendapatan dari menulis.

Melalui artikel yang ditulis di IDN Times community, artikel yang menarik dan banyak viewer menjadi pemasukan tambahan dibisa didapat mahasiswa tanpa harus bekerja keras. Ketelatenan dan dan kejelian adalah kunci utama menjadi penulis yang sukses di IDN Times Community.


“Kalau kita intens menulis berita yang menarik dan unik, lumayan bisa mendapat penghasilan bulanan,” ujar Risang saat memberikan penjelasan kepada para mahasiswa UMS.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya