Indonesia Keluar Dari Resesi, Luhut: Akan Ada Pelonggaran PPKM

Pertumbuhan ekonomi 7.07% saat pandemi

Surakarta, IDN Times - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia tumbuh hingga 7,07 persen di kuartal II-2021. Hal ini menjadi faktor postif dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

1. Kuartal II ekonomi Indonesia tumbuh 7,07 persen

Indonesia Keluar Dari Resesi, Luhut: Akan Ada Pelonggaran PPKMMenko Marves lakukan tinjauan ke Pasar Klewer Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Menko Marves sekaligus Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan, membenarkan jika Indonesia bisa terbebas dari resesi setelah dihantam oleh virus corona. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 7,07 persen.

"Kemarin kuartal II kan bagus ya 7,07 pertumbuhannya itu, terus terang aja kita ya bagus," jelasnya saat ditemui usia kunjungan di Pasar Klewer, Solo, Rabu (5/8/2021).

Kendati demikian, Luhut berharap pertumbuhan ekonomi di kuartal III bisa lebih tinggi lagi, terlepas dari adanya varian virus corona jenis delta yang melanda Indonesia.

"Kuartal III kita mulai naik. Varian Delta COVID-19 tidak berpengaruh. Tapi kita harapkan dengan adanya penurunan kasus," ungkapnya.

2. Akan ada pelonggaran PPKM

Indonesia Keluar Dari Resesi, Luhut: Akan Ada Pelonggaran PPKMMenko Marves Luhut Binsar Panjaitan lakukan tinjauan ke Pasar Klewer, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Luhut meminta kepada mayarakat untuk turut serta dalam memerangi virus corona terutama dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) di masyarakat.

"Dengan disiplin yang baik, kita berharap nanti minggu depan kita longgarkan," paparnya.

Kendati demikian, Luhut menegaskan bahwa pelonggaran tersebut harus diiringi dengan jumlah capaian vaksinasi yang bagus. selain itu juga testing serta tracing harus tetap jalan.

"Dan tadi testing tracing jalan, jadi masker ini mutlak. Tapi saya lihat teman-teman di pasar Klewer ini ada sedikit yang belum buka oleh pak walikota, saya kira ya perlahan kita lihat ya," ujarnya.

3. Sudah ada penurunan kasus

Indonesia Keluar Dari Resesi, Luhut: Akan Ada Pelonggaran PPKMWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa grafik angka kasus COVID-19 di wilayah Solo sudah mulai menurun. Ia mengaku mendapatkan arahan dari Luhut untuk mempercepat vaksinasi.

"Pasar Klewer tadi kan pak luhut mau melihat menengok sektor-sektor non esensial di kota Solo, prokesnya seperti apa. Ya ini nanti kalau grafiknya sudah mulai membaik nanti misalnya mall coba akan dilonggarkan juga," pungkasnya.

Baca Juga: Temui Pasien Isolasi di Solo, Luhut Curhat Keluarganya Kena COVID-19

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya