Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid di Solo, Ada Terowongan Khusus

Mereka datang setelah menghadiri G20 di Bali

Surakarta, IDN Times - Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed Al Nahyan bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan mengunjungi Kota Solo pada November 2022. Mereka akan meresmikan secara langsung Masjid Raya Sheikh Zayed yang merupakan hadiah dari Pangeran Arab tersebut.

1. Ada peresmian dan festival di masjid

Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid di Solo, Ada Terowongan KhususPutera Mahkota UEA, Mohammed bin Zayed (www.instagram.com/@shkmbz)

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama (Kemenag), Adib mengatakan, pembangunan masjid yang berlokasi di bekas lahan depo Pertamina di Gilangan Kota Solo tersebut selesai pada November 2022. Selain peresmian, di lokasi tersebut juga akan digelar Festival Masjid Nasional.

"Peresmian nanti dijadwalkan Presiden Jokowi dan Presiden UEA akan datang ke Solo dan meresmikan secara langsung masjid tersebut.

Festival akan dihadiri peserta dari seluruh Indonesia dan puncaknya nanti ada peresmian Masjid Sheikh Zayed Solo. Kegiatan tersebut sekaligus kickoff peran masjid yang berbasis moderasi beragam," katanya Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Sejarah Marmer Masjid Sheikh Zayed Solo: Dari Sekitar Pegunungan Alpen

2. Ada terowongan khusus di masjid

Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid di Solo, Ada Terowongan KhususMasjid Sheikh Zayed Solo dalam proses pembangunan. (IDN Times/Larasati Rey)

Adib menyatakan, pembangunan tersebut sudah mencapai 70 persen seiring dengan proses finishing yang masih dilakukan sampai saat ini.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan peletakan batu pertama pembangunan islamic center atau pusat kegiatan Islam yang berlokasi di lahan di Kantor Detasemen Pembekalan Angkutan (Denbekang) IV-44-04/Surakarta di Kelurahan Gilingan seluas satu hektare.

"Tepatnya berada di sebelah Masjid Raya Sheikh Zayed, nantinya akan ada terowongan penghubung di bawah rel kereta. Jadi, antara islamic center dengan masjid menyatu. Nanti pengelolaan masjid menyatu dengan pengelolaan islamic center Solo," ungkapnya.

3. Kedua kepala negara datang setelah acara G20

Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid di Solo, Ada Terowongan KhususPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, peresmian miniatur Masjid Sheikh Zayed tersebut diadakan pada 17 November 2022. Ia menyebutkan, kedua kepala negara datang ke Solo usai menghadiri acara G20 di Bali.

Untuk diketahui, masjid yang merupakan miniatur Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab tersebut dibangun di lahan seluas 2,9 hektare. Tanah tersebut merupakan bekas Depo Pertamina Gilingan, Banjarsari, Solo.

Pembangunan masjid yang menghabiskan biaya Rp5,7 triliun itu akan mampu menampung 12.000 orang jemaah. Masjid tersebut juga digadang-gadang menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Solo.

Baca Juga: Dibangun Arsitek Yahudi, Masjid Kauman Semarang Punya Hiasan Bintang Daud

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya