Comscore Tracker

Pembangunan Elevated Rail Simpang Joglo, Gibran Siapkan Tim Penertiban

Ground breaking dimulai bulan ini.

Solo, IDN Times - Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Kamis (4/3/21) di Ruang Nata Praja Balai Kota Solo, Jawa Tengah menggelar pertemuan virtual (zoom meeting) dengan Kementrian Perhubungan membahas perkeretaapian terkait pembangunan elevated rail penataan Simpang Joglo, Solo.

Baca Juga: Urai Macet, Gibran Usul Elevated Rail di Palang Joglo Segera Dibangun

1. Tunggu arahan Menhub

Pembangunan Elevated Rail Simpang Joglo, Gibran Siapkan Tim PenertibanRapat virtual Menhub Budi Karya Sumadi dengan Wali Kota Solo. Istimewa

Dalam rapat yang digelar di Manganti Praja, Gibran meminta kepada Kementrian Perhubungan untuk segera menindaklanjuti pembangunan elevated rail penataan Simpang Joglo, sebagai salah satu upaya untuk mengurai kemacetan disana.

"Kita sudah mengidentifikasi titik-titik yang akan dikerjakan dan titik lainnya menunggu arahan kemenhub," katanya.

2. Lakukan pembebasan lahan

Pembangunan Elevated Rail Simpang Joglo, Gibran Siapkan Tim PenertibanTinjauan Menhub Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di palang Joglo, Solo. Istimewa

Gibran juga mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para Lurah dan Camat untuk pembebasan lahan.

"Saya menunggu arahan. Untuk penertiban dan pembebasan lahan kita koordinasikan. Para lurah dan camat sudah membentuk tim tadi malam," jelasnya.

Gibran juga meminta kepada Kemenhub, agar proyek tersebut segera direalisasi mengingat banyak pekerjaan yang harus dilakukan kedepannya.

3. Ground breaking dimulai bulan ini

Pembangunan Elevated Rail Simpang Joglo, Gibran Siapkan Tim PenertibanMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek Tol Layang Japek II di Km 28, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (8/12/2019). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menhub Budi Karya Sumadi meminta penertiban jalur terdampak segera dilakukan. Menurutnya, ground breaking proyek elevated rail tersebut akan dimulai pada bulan ini.

"Ground breaking bulan ini. Saya minta Dirjen Darat menyiapkan begitu juga Balai Koordinasi serta tim lelang," katanya.

Proyek pembangunan Simpang Joglo merupakan bagian proyek pembangunan double track lintas Solo - Semarang yang sebelumnya sudah dilakukan studi kelayakan. Jalur sepanjang 3 km dari Stasiun Kadipiro hingga Stasiun Solo Balapan sudah dikerjakan pada tahap pertama.

Baca Juga: Gibran Tak Mau Buru-buru Tinggal di Loji Gandrung Peninggalan Belanda

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya