Pesantren yang Dibangun Jokowi Dikirimi Kurban Sapi 540 Kg

Masjid dan pesantren yang memiliki historis dengan Jokowi

Surakarta, IDN Times - Tak hanya mengirimkan hewan kurban di Masjid Agung Solo, dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan tiga ekor sapi berukuran 540 kilogram di tiga pondok pesantren (ponpes) yakni di Yayasana Ta'mirul Masjid Tegalsari, Pondok Pesantren Al Muayyad, dan Pondok Pesantren Raudhatul Ma'arif.

Baca Juga: Masjid Agung Solo Sembelih Hewan Kurban Jokowi Pada Rabu

1. Sudah tiga kali kirim hewan kurban

Pesantren yang Dibangun Jokowi Dikirimi Kurban Sapi 540 KgHewan qurban sapi Jokowi di Masjid Tegalsari Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Ditemui di Masjid Tegalsari Solo, Ketua Yayasan Ta'Mirul Masjid Tegalsari, Muh Idris Shofawi mengatakan hewan kurban milik Jokowi tersebut datang pada Senin (19/7/2021) pukul 11.30 WIB. Sapi berukuran 540 kilogram tersebut rencananya akan disembelih pada Rabu (21/7/2021).

"Ini sudah kedua kalinya Pak Jokowi berkurban di Masjid Tegalsari," ujarnya.

Idris mengatakan sapi berwarna coklat tersebut diperuntukkan bagi keluarga Jokowi. "Jadi sapi itu untuk Almarhum Pak Noto, Bu Noto, Pak Jokowi, serta dua adik Pak Jokowi, dan almarhum Pak Joko Lukito (adik Jokowi)," jelasnya.

2. Jokowi sering salat Jumat di Masjid Tegalsari

Pesantren yang Dibangun Jokowi Dikirimi Kurban Sapi 540 KgMasjid Tegalsari, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Idris mengatakan jika semasa manjabat sebagai Walikota Solo, Jokowi sering menyempatkan diri untuk menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Tegalsari. Menurutnya, kebiasaan tersebut, yang membuat Jokowi teringat dan mengirimkan hewan kurban untuk Masjid tersebut.

"Dulu sewaktu menjabat sebagai walikota Pak Jokowi sering salat Jumat disini," ungkapnya.

3. Bangun pondok pesantren di Boyolali

Pesantren yang Dibangun Jokowi Dikirimi Kurban Sapi 540 KgPendiri Ponpes Raudhatul Ma'arif Boyolali, Agus Ma'arif. IDNTimes/Larasati Rey

Tak hanya di Kota Solo, Jokowi ternyata juga mengirimkan hewan kurban sapi di pondok pesantren Raudhatul Ma'arif yang berlokasi di Simo, Boyolali, Jawa Tengah. Pendiri ponpes, Agus Ma'arif mengatakan jika Jokowi sudah tiga kali mengirimkan sapi ke pondok pesantrennya.

"Kalau beratnya sekitar 540 kilogram, Pak Jokowi sendiri yang membangun Ponpes Raudlatul Ma'arif," ungkapnya.

Agus mengatakan, jika sejarahnya kedekatan dirinya dengan keluarga berawal dari Almarhumah Sujiatmi Notomiharjo (Ibunda Jokowi) yang sering mengikuti pengajian dirinya. Tak hanya itu, Presiden Jokowi telah membangun pondok pesantren miliknya. 

Menurutnya, kedekatannya dengan keluarga presiden sudah dibina sejak lama, ia mengaku sering diundang di acara-acara untuk memimpin pengajian termasuk memimpin doa pada acara pemakaman Alamarhumah Ibu Notomiharjo (Ibunda Jokowi).

Baca Juga: Idul Adha, Presiden Jokowi Kurban 2 Ekor Sapi Ukuran Jumbo di Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya