Pintu Masuk Jateng Diperketat Antisipasi Corona B117

TKI yang datang wajib dikarantina.

Solo, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memperketat jalur masuk ke menuju Jawa Tengah. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi masuknya varian baru virus corona B117.

Baca Juga: Nasib Vaksinasi yang Belum Kelar Keburu Ada Mutasi Virus Corona B117

1. Minta pemerintah segera turun tangan

Pintu Masuk Jateng Diperketat Antisipasi Corona B117Ganjar Pranowo, dan Gibran Rakabuming Raka ninjau pelaksanaan vaksinasi di Pasar Klewer, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Usai melakukan tinjauan pelaksanaan vaksinasi di Pasar Klewer, Solo Kamis (4/3/21), Ganjar meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Jawa Tengah segera turun tangan untuk melakukan antisipasi varian baru virus corona B117.

"Kita harapkan pemerintah segera turun tangan kita cari kita, isolasi kita lakukan tracing secepatnya, tapi Insyallah kita bisa. Tim ahlinya meneliti melihat agar kita bisa mengantisipasi," ujar Ganjar.

2. Perketat pintu masuk ke Jateng

Pintu Masuk Jateng Diperketat Antisipasi Corona B117Para petugas saat mengecek kedatangan TKI di Bandara Ahmad Yani. (Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan akan memeperketat kedatangan warga dari luar negeri. Tertutama, di pintu masuk bandara, namun hingga kini pihaknya belum melakukan penutupan penerbangan baik dari dan ke luar negeri.

"Kita akan menjaga lebih ketat lagi pintu-pintu masuk ke Indonesia, karna itu dari luar ya," katanya.

"Belum ada penutupan bandara, minimal dari luar negeri kita lakukan tindakan-tindakan yang cukup ketat," imbuhnya.

Selain memperketat akses pintu masuk ke Jawa Tengah, pihaknya juga meminta untuk mempercepat tracing jika nanti ditemukan gelaja-gejala virus corona B117 masuk.

3. Lakukan karantina TKI

Pintu Masuk Jateng Diperketat Antisipasi Corona B117Ilustrasi TKI yang akan berangkat ke luar Indonesia di masa pandemik (IDN Times)

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan tindakan karantinya bagi tegana kerja indonesia (TKI) yang pulang. Para TKI tersebut akan diswab dan dikarantina sebelum nantinya diperbolehkan pulang.

"Ketika mereka mau masuk, mesti kita lakukan proses pemeriksaan, jadi semua yang masuk kita pastikan mereka diswab, kita pastikan mereka aman. Kita pastikan diawal itu dikarantina lebih dulu sebelum mereka kembali ke keluarga," pungkasnya.

Baca Juga: Waspada! 7 Cara Melindungi Diri dari Varian Baru Virus Corona B117

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya