PT KAI Sediakan Layanan Rapid Test Murah di Stasiun Balapan Rp85 Ribu

Layanan bagi pelanggan kereta jarak jauh

Semarang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan Rapid Test Covid-19 seharga Rp85.000,- di berbagai stasiun bagi pelanggan yang akan naik Kereta Api Jarak Jauh. Layanan Rapid Test tersebut dimulai pada Senin (27/7/2020).

Baca Juga: Iduladha, Jokowi Kurban 2 Sapi Limousin untuk 2 Masjid di Solo

1. Harga Rapid Test terjangkau

PT KAI Sediakan Layanan Rapid Test Murah di Stasiun Balapan Rp85 RibuIlustrasi rapid test. IDN Times/Zainul Arifin

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan layanan ini sebagai upaya dari PT KAI untuk memberikan kemudahan bagi penumpang KA yang hendak berpergian. TAk hanya itu, layanan Rapid Test juga dinilai lebih murah jika dibandingkan dengan layanan Rapid Test di rumah sakit, yakni sebesar Rp85.000,-.

"Layanan ini kami sediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkannya," ungkapnya.

2. Tersedia di stasiun besar

PT KAI Sediakan Layanan Rapid Test Murah di Stasiun Balapan Rp85 RibuSpanduk peringatan terhadap virus corona di Stasiun Solo Balapan. IDN Times/Larasati Rey

Eko Budiyanto menambahkan untuk sementara waktu PT KAI Daop 6 Yogyakarta bersama PT RNI akan menyelenggarakan layanan Rapid Test Covid-19 di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan.

Layanan Rapid Test ini tersedia dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 s.d 19.00. Pelanggan yang berhak melakukan Rapid Test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA Jarak Jauh.

"Selain Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan, di berbagai Stasiun lainnya seperti; Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang secara bertahap juga akan menyelenggarakan layanan Rapid Test Covid-19," jelasnya.

3. Dimulai dari stasiun di Jakarta

PT KAI Sediakan Layanan Rapid Test Murah di Stasiun Balapan Rp85 RibuStasiun Pasar Senen (IDN Times/Dian Ayu Gustanty)

Penyediaan layanan Rapid Test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api.

Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan.

"Pada tahap awal, layanan ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen mulai Senin, 27 Juli. Sedangkan untuk Untuk Stasiun Tugu Yogyakarta Tugu dan Stasiun Solo Balapan diusahakan secepatnya. Adapun lokasi rapid test untuk staisun Tugu Yogyakarta berlokasi di ruang tunggu Selatan Jl. Pasar kembang. Untuk stasiun Solo Balapan berlokasi di Hall stasiun Balapan," pungkasnya.

Baca Juga: Sejarah KA Solo-Wonogiri Kereta Feeder yang Melintas di Tengah Kota

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya