Strategi Gibran Majukan Wisata Solo, Wellnes Tourism Hingga Sport

Jadikan prioritas lima tahun kedepan.

Solo, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat ini tengah melakukan rapat dengan jajaran Perangkat Daerah guna membahas prioritas program kerja selama lima tahun ke depan. Dalam rapat tersebut, salah satu materi yang dibahas yakni tentang kemajuan pariwisata di Kota Solo.

Baca Juga: Dibilang Gak Ngerti Bola, Gibran Ngaku Sudah Biasa Dibully

1. Bentuk wisata wellness tourism

Strategi Gibran Majukan Wisata Solo, Wellnes Tourism Hingga Sportdrweil.com

Dalam rapat tersebut, Gibran turut membahas soal Pariwisata Industri Kreatif, Pemuda dan Olahraga. Pada bidang pariwisata, Gibran menekankan pada pengembangan Sport Tourism dan Wellness Tourism.

"Untuk wellness tourism, Indonesia memiliki banyak modal yang bisa dijual, mulai dari lulur dan pijat tradisional, jamu-jamu tradisional," ujar Gibran.

Wellness tourism merupakan kegiatan pariwisata dimana pelakunya menginginkan adanya kesehatan dan kebugaran dengan melakukan aktivitas pariwisata ini. Wellnes Tourism berpusat tiga bidang utama yaitu pada kegiatan yang terkait dengan SPA, Kesehatan (Medicine) dan Olah Raga (Sport). Orang berwisata ke tiga bidang tersebut semata-mata ingin mencari kebugaran dan kesehatan bagi tubuhnya.

2. Perbanyak penyelenggaran event olahraga

Strategi Gibran Majukan Wisata Solo, Wellnes Tourism Hingga SportStadion Manahan Solo. IDN Times/Larasati Rey

Selain menekankan pada wellness tourism, Gibran juga fokus pada pengembangan sport tourism dengan memperbanyak even-event olahraga di Kota Solo. Kendati demikian, pelaksanaan sport tourism tetap akan menerapkan protokol kesehatan.

Gibran mengatakan, salah satu penyelenggran event olahraga terdekat yakni Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan mendatang. Menurutnya, event sepak bola nasional tersebut akan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan meniadakan penonton saat pertandingan.

"Persiapan Piala Menpora semua sudah siap, kemarin ada kendala lampu di stadion, sudah diperbaiki semua," ungkapnya.

3. Gandeng Kabupaten sekitar Solo

Strategi Gibran Majukan Wisata Solo, Wellnes Tourism Hingga Sportinstagram.com/explore.solo

Lebih lanjut, Gibran mengatakan dalam pengembangan pariwisata kedepan, pihaknya juga akan mengandeng kabupaten-kabupaten di sekitar Solo diantaranya, Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, Klaten, Wonogiri, dan Sragen. Dalam waktu dekat Gibran berencana untuk mengumpulkan perwakilan kabupaten tersebut.

"Ada nanti, kita akan undang kabupaten se Subosukowonosraten untuk membicarakan itu (perkembangan pariwisata.red)," pungkasnya.

Baca Juga: Piala Menpora, Gibran Larang Suporter Nobar dan Datangi Manahan Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya