Terungkap ini Alasan Pria di Boyolali Bawa Jenazah Ibu Pakai Motor

Tak ingin merepotkan orang lain

Boyolali, IDN Times - Pria Desa Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sutejo (50) viral di media sosial lantaran terekam kamera mengendarai sepeda motor dengan berojong, yang memuat janazah, pada Kamis (29/10/20). Pria yang mengalami gangguan jiwa tersebut, hendak memakamkan ibu kandungnya Ginem Suharti (80) yang meninggal dunia di rumah anak perempuannya di Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono, Boyolali. Berikut kronologi, peristiwa tersebut.

Baca Juga: Viral! Pria di Boyolali Bawa Jenazah Ibu Kandung Pakai Sepeda Motor

1. Ibunya meninggal dunia di rumah adik perempuannya

Terungkap ini Alasan Pria di Boyolali Bawa Jenazah Ibu Pakai MotorPria asal Boyolali membawa jenazah ibunya dengan sepeda motor. Dok/Tangkapan layar medsos

Kejadian tersebut berawal saat Sujeto mengetahui kabar ibunya meninggal dunia di rumah adik perempuannya di Desa Jembungan, Banyudono. Diketahui penyebab meninggalnya ibunya lantaran sakit.

Dengan diketahui oleh adik perempuannya, Sutejo nekat membawa jenazah ibunya dengan menggunakan sepeda motor. Ia bermaksud membawa ibunya yang telah meninggal untuk dimakamkan di Desa Kedunglengkong, Simo, Boyolali.

2. Video viral saat Sutejo membawa jenazah ibunya dalam perjalanan ke Simo

Ketika hendak membawa jenazah ibunya untuk dimakamnya ke daerah asalnya. Sutejo terekam kamera oleh netizen saat melintas di jalan Bangak-Simo. Dalam video tersebut, netizen sempat curiga jika lantaran jenazah ibunya dibungkus dengan kain jarik dan diikat dengan tali dari karet ban dalam.

Kasat Reskrim Boyolali, Iptu Ahmad Masdar Tohari mewakili Kapolres Boyolali mengatakan Sutejo yang tak lain adalah pria yang didalam video tersebut ternyata sedang melakukan perjalanan dari Dukuh Bantulan RT3/ RW 4, Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono,Boyolali menuju Dukuh Selorejo RT 12/ RW 04 Desa Kedunglengkong, Simo, Boyolali.

Waktu kejadian diperkirakan sekitar pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

3. Jenazah belum disucikan

Terungkap ini Alasan Pria di Boyolali Bawa Jenazah Ibu Pakai MotorIlustrasi pemakaman. ANTARA FOTO/FB Anggoro

Sesampainya di Desa Kedunglengkong, Kecamatan Simo, warga yang melihat kemudian menyarankan agar Sutejo membawa jenazah ibunya ke rumah duka untuk dimandikan. Sebab, saat Sutejo membawa ibu kandungnya dengan menggunakan sepeda motor, kondisi jenazah belum disucikan, dan masih memakai pakaian lengkap.

Warga harus membujuk Sutejo terlebih dahulu, lantaran Sutejo hendak memakamkan jenazah ibunya tersebut. Usai dimandikan, jenazah kemudian disemayamkan ke rumah duka di daerah Selorejo, Simo. Kemudian pada pukul 12.30 WIB jenazah diberangkatkan ke pemakaman Sucen untuk dimakamkan.

Iptu Tohari menyebutkan jika motif Sutejo ingin memakamkan senciri ibu kandungnya lantaran tidak ingin merepotkan orang lain, ditambahkan lagi dengan kondisi mental yang tidak stabil.

"Ya karena orang gangguan jiwa, mungkin maksudnya mau dimakamkan sendiri, tidak mau ngerepoti orang lain," jelasnya saat dihubungi, Jumat (30/10/20).

Baca Juga: Tiga Klaster Ini Dominasi Kasus Positif COVID-19 di Boyolali 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya