Comscore Tracker

Tunggu Pengumuman Rekomendasi PDIP, Gibran Tegaskan Tak Mau Jadi Wakil

Saya daftarnya sebagai wali kota

Solo, IDN Times - Bakal calon Wali Kota Solo dari PDI Perjuangan, Gibran Rakabuming Raka mengaku tak ingin diposisikan sebagai Wakil Wali Kota Solo jika nanti rekomendasi dari DPP PDIP turun.

Baca Juga: Blusukan Ketemu Seniman Lukis di Sriwedari, Gibran Bikin Goresan Merah

1. Tunggu statement resmi dari DPP

Tunggu Pengumuman Rekomendasi PDIP, Gibran Tegaskan Tak Mau Jadi WakilMegawati Sukarnoputri menyampaikan pidato politik di Rakernas PDIP, Jakarta, Jumat (10/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Meski daftar nama rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan belum diumumkan, nampaknya nama putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut sebagai salah satu calon yang akan mendapatkan rekomendasi sebagai calon wali Kota dalam Pilwalkot 2020 mendatang.

Meski demikin, ayah Jan Ethes tersebut tidak ingin terburu-buru berbangga hati, ia memilih untuk menanti statement resmi yang dikeluarkan dari DPP PDIP secara langsung.

"Ya sudah kita tunggu saja statemen resminya. Dari DPP belum ada kabar. Ya nanti kita tunggu statemen resminya saja," ujar Gibran saat ditemui usai blusukan di kawasan Pujasari, Sriwedari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (14/1).

DPP PDIP santer dikabarkan memberikan sinyal akan mengusung sosok anak muda di Pilwakot Solo. Pernyataan itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I yang berlangsung di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, Jumat-Minggu (10-12/1).

2. Tak ingin diposisikan sebagai wakil

Tunggu Pengumuman Rekomendasi PDIP, Gibran Tegaskan Tak Mau Jadi WakilIDN Times/Larasati Rey

Dalam putusan rekomendasi nantinya, DPP PDIP akan mengeluarkan nama-nama calon kepada daerah, baik itu untuk posisi calon Wali Kota maupun calon Wakil Wali Kota.

Meski demikian, nampaknya Gibran tak ingin tak ingin diposisikan sebagai calon Wakil Wali Kota Solo. Ia bersikukuh bisa terpilih menjadi calon AD 1 tersebut.

"Saya kan mendaftarnya bukan sebagai wakil, saya mendaftarnya sebagai Wali Kota," ungkapnya.

3. Serahkan pasangan kepada DPP PDIP

Tunggu Pengumuman Rekomendasi PDIP, Gibran Tegaskan Tak Mau Jadi WakilIDN Times/Margith Juita Damanik

Dalam pendafataran sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Sabtu 12 Desember lalu di DPD PDIP Jawa Tengah, Gibran secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Ia mendaftar seorang diri, tanpa didampingi oleh nama bakal calon Wakil Wali Kota Solo.

Kendati tidak memiliki pasangan calon, namun Gibran menyerahkan sepenuhnya posisi wakil Wali Kota Solo kepada DPP PDIP. "Ada beberapa step kalau sekiranya dapat rekomendasi. Ya kita tunggu saja dari PDI Perjuangan. Kalau wakil nanti saya serahkan ke pimpinan saja," ungkapnya.

Baca Juga: Gibran dan Rudy Kompak Tak Datang ke Rakernas PDIP, Ini Alasannya

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya