Comscore Tracker

415 PNS di Kudus Tahun 2020 Pensiun, Guru Mendominasi

Sesuai batas usia pensiun

Kudus, IDN Times - Badan Kepegawaian, pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) mendata tahun 2020 ini aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kudus yang pensiun adalah kebanyakan dari guru. Tahun ini ada sebanyak 419 ASN di lingkungan Pemkab Kudus yang akan pensiun karena batas usia pensiun. 

1. PNS yang pensiun karena telah memasuki waktu pensiun

415 PNS di Kudus Tahun 2020 Pensiun, Guru MendominasiIDN Times/Ilustrasi

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus Catur Widyatno menjelaskan, bahwa tahun 2020 ini ada sebanyak 419 PNS atau ASN di lingkungan Pemkab Kudus akan pensiun. Dari jumlah itu didominasi adalah guru.

"60 persen sekitaran itu merupakan guru dari jumlah total keseluruhan ASN di pemkab Kudus yang akan pensiun," kata dia.

Catur menjelaskan, bahwa jumlah 419 ASN ini pensiun karena sudah memenuhi usia pensiun. Berdasarkan batas usia pensiun. 

"Biasanya pensiun juga bisa atas permintaan dan juga mungkin karena meninggal dunia. Itu belum. Jumlah itu belum termasuk," lanjut dia.

2. Guru Dominasi Angka pensiun ASN di pemkab Kudus

415 PNS di Kudus Tahun 2020 Pensiun, Guru MendominasiIlustrasi kegiatan belajar mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Dirinya mencontohkan, pada bulan Januari ini saja di Kudus ada sebanyak 41 ASN yang akan pensiun. Dari 41 itu, sebanyak 29 ASN merupakan guru.

Kemudian di bulan Februari juga ada sebanyak 41 ASN di Kudus yang akan pensiun. Sedangkan ada 27 ASN guru yang akan pensiun.

"Ini berarti memang guru yang mendominasi angka pensiun di kota kretek tahun ini," ujar dia.

3. Rekrutmen ASN dirasakan belum cukupi

415 PNS di Kudus Tahun 2020 Pensiun, Guru MendominasiIlustrasi pendaftar CPNS (IDN Times/Maulana)

Padahal, kata dia perekrutan ASN di beberapa tahun belakangan ini belum mencukupi kebutuhan ASN di Kudus. Terutama untuk guru. Ditambah lagi, dari BKPP tidak memiliki kewenangan untuk mengangkat guru Wiyata menjadi ASN.

"Dengan adanya seleksi itu dirasa masih kurang. Karena setiap tahunnya ada yang pensiun," ungkap dia.

Sementara itu, di Kudus ada sebanyak 9.000 ASN di lingkungan Pemkab. Dari jumlah itu sekitar 6.000 an adalah seorang guru.

Topic:

  • Aji
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya