Kontak PDP Positif COVID-19 di Kudus Dilacak, Ini Hasilnya

Puluhan orang dilakukan rapid test

Kudus, IDN Times – Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus langsung melakukan pelacakan terhadap warga yang kontak langsung dengan pasien dalam pengawasan (PDP) positif virus corona (COVID-19). Puluhan orang dilakukan rapid test dan hasilnya negatif COVID-19.

Baca Juga: Mudik dari Jakarta, Warga Kudus Langsung Positif Virus Corona

1. Total ada 79 orang dilakukan rapid test

Kontak PDP Positif COVID-19 di Kudus Dilacak, Ini HasilnyaDok.Humas Jabar

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh juru bicara penanganan dan pencegahan COVID-19 Kabupaten Kudus, dr Andini Aridewi saat jumpa pers melalui video call pada Minggu (5/4) siang. Pada kesempatan itu, dia menjelaskan bahwa totalnya ada 79 orang dilakukan rapid test dan hasilnya negatif.

“Untuk warga Kudus yang positif COVID-19 ini sudah ada lima orang yang erat sudah dilakukan rapid test. Dan hasil nya negatif. Sedangkan yang warga Pati ini sudah ada 74 orang dilakukan kontak dan hasilnya juga negatif,” kata dia.

2. Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pati

Kontak PDP Positif COVID-19 di Kudus Dilacak, Ini HasilnyaKepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari. IDN Times/Asrhawi Muin

Dia mengatakan, sebelumnya dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus sudah melakukan pelacakan kepada orang yang kontak erat dengan PDP positif corona. Warga yang kontak dengan PDP positif corona itu.

Baik dari rapid test yang pertama dan kedua dinyatakan negatif. Hasil itu juga sudah diketahui pada Minggu (5/4) pagi ini.  

“Sedangkan PDP corona yang Pati ini juga sudah dilakukan pelacakan. Kami juga berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat(Pati). Sudah dilakukan dan hasilnya negatif,” ujar dia.

3. Orang yang sebelumnya kontak dengan PDP positif corona agar isolasi mandiri secara benar

Kontak PDP Positif COVID-19 di Kudus Dilacak, Ini HasilnyaDok. Humas Jabar

Meskipun demikian, pihaknya mengimbau kepada para orang yang melakukan kontak langsung dengan PDP positif COVID-19 ini agar melakukan isolasi secara mandiri. Harapannya isolasi mandiri secara benar selama 14 hari.

“Ini bagi orang tanpa gejala (OTG) ini orang yang pernah kontak dengan PDP positif agar melakukan isolasi secara mandiri,” kata dia.

Sementara itu, adapun untuk data monitoring penanganan COVID-19 di Kabupaten Kudus pada 4 April 2020 pukul 19.00 WIB. Untuk jumlah ODP ada sebanyak 189 orang. Kemudian untuk PDP ada sebanyak 17 pasien. Adapun ada PDP yang terkonfirmasi positif COVID-19 ada sebanyak dua pasien.

Baca Juga: Positif Virus Corona, 2 Pasien di Kudus Tidak Alami Gejala Sebelumnya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya