Meningkat, 15 Warga Purbalingga Positif COVID-19 Klaster Ijtima Gowa

Mereka dinyatakan positif virus corona dari swab test

Purbalingga, IDN Times - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi kembali mengumumkan pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi positif COVID-19, Jumat (24/4) pagi. Ia mengatakan ada tambahan 6 PDP yang positif virus corona dari klaster Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan.

1. Ada 6 warga Purbalingga klaster Ijtima Gowa yang positif COVID-19

Meningkat, 15 Warga Purbalingga Positif COVID-19 Klaster Ijtima GowaIstimewa

Tiwi menyebut 6 orang itu antara lain laki-laki berusia 45 tahun dari Kecamatan Kutasari. Kedua perempuan berusia 38 tahun juga dari Kecamatan Kutasari.

"(Mereka) yang bersangkutan adalah keluarga dari peserta (jemaah) Ijtima Ulama Gowa," ujar dia.

Yang ketiga adalah pasien laki-laki berusia 57 tahun. Pasien tersebut ikut berangkat ke acara Ijtima Ulama di Gowa Sulawesi Selatan.

Keempat pasien laki-laki berusia 36 tahun dari Kecamatan Bojongsari, yang juga bagian dari perserta Ijtima Ulama yang berangkat ke Gowa.

Pasien kelima adalah laki-laki 52 tahun dari Bojongsari, yang ikut ke Gowa beserta peserta Ijtima Ulama yang lain. Keenam pasien laki-laki 75 tahun dari Kecamatan Kejobong. Yang bersangkutan adalah peserta Ijtima Ulama Gowa.

"Dengan bertambahnya enam pasien positif COVID-19, maka total ada 25 pasien positif  (COVID-19). Lima sudah sembuh dan 20 dirawat di beberapa rumah sakit di Purbalingga," ungkap Tiwi.

Dengan begitu, total ada 15 peserta Ijtima Gowa yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 melalui swab test. 

Baca Juga: 10 Warga Purbalingga Klaster Ijtima Gowa dan Lembang Positif COVID-19

2. Dua PDP negatif virus corona

Meningkat, 15 Warga Purbalingga Positif COVID-19 Klaster Ijtima GowaDokumentasi Desa Gunungwuled

Selain itu, Tiwi juga mengumumkan adanya dua pasien yang terkonfirmasi negatif COVID-19. Dua pasien itu antara lain warga Kaligondang dan Rembang, Purbalingga

"Yang kedua merupakan PDP yang meninggal dunia dari Rembang," kata dia.

Dengan tambahan dua pasien negatif swab test tersebut, maka total PDP negatif menjadi 72 orang.

3. Terdapat 7 orang dari klaster Ijtima Gowa menunggu hasil swab test

Meningkat, 15 Warga Purbalingga Positif COVID-19 Klaster Ijtima GowaSuasana di lokasi Ijtima Asia di Gowa. Dok IDN Times

Sementara untuk keseluruhan PDP di Purbalingga, Jawa Tengah yang dalam masa perawatan berjumlah 28 orang. Tujuh diantaranya berasal dari klaster Ijtima Ulama Gowa.

"Sedangkan PDP yang meninggal dunia ada 9 orang. Maka total PDP yang positif, negatif, dirawat dan meninggal ada 134," terang Tiwi.

Tiwi berharap, dengan tambahan enam pasien yang terkonfirmasi positif, masyarakat akan semakin patuh terhadap imbauan dan anjuran pemerintah.

"Jalankan PHBS (red: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), pakai masker kalau keluar rumah, dan hindari kegiatan yang menimbulkan keramaian," pungkasnya.

Baca Juga: Bertambah, 40 Warga Banyumas Klaster Ijtima Gowa Positif Virus Corona

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya