Nasib! Lolos Mudik ke Banyumas Malah Dilaporkan Istri Masuk Karantina

Wah, gagal kasih kejutan dong, pak?

Banyumas, IDN Times - Ada kisah jenaka pada kunjungan kerja Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ke Banyumas, Jumat (7/5/2021). Ganjar meninjau pemudik yang dikarantina di GOR Satria. Ia menyempatkan diri berbincang dengan beberapa pemudik.

Dari obrolan tersebut, Ganjar dibuat tertawa terbahak-bahak lantaran si pemudik dikarantina gara-gara dilaporkan istrinya sendiri.

1. Ganjar tertawa mendengar pengakuan pemudik

Nasib! Lolos Mudik ke Banyumas Malah Dilaporkan Istri Masuk KarantinaGubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berbincang dengan pemudik yang dikarantina di GOR Satria Purwokerto, Jumat (7/5/2021). IDNTimes/Istimewa

Awalnya Ganjar ngobrol ringan tentang kesannya saat dikarantina. Saat ditanya alasan kenapa dikarantina, pemudik bernama Wagiman itu membeberkan jika ia terpaksa karantina setelah adanya laporan yang dilakukan istrinya sendiri.

“Saya dilaporkan istri pak. Gara-gara istri lapor ketua RT, saya langsung dikarantina,” ucap Wagiman.

Sontak jawaban Wagiman membuat Ganjar, Bupati Banyumas Achmad Husein, dan beberapa pejabat lain tertawa. Rupanya hal itu bukan candaan belaka.

Wagiman mengatakan bahwa ia benar-benar dilaporkan istrinya hingga ia harus dikarantina.

“Benar, saya dilaporkan istri. Istri saya yang lapor ke pak RT bahwa saya datang dari Jakarta. Langsung sampai sini dikarantina, belum ketemu anak istri sudah dikarantina di sini,” ucapnya.

Baca Juga: Kronologi 13 ABK dari India Positif COVID-19 di Cilacap, Varian Baru?

2. Pemudik di Banyumas dikarantina 5 hari

Nasib! Lolos Mudik ke Banyumas Malah Dilaporkan Istri Masuk KarantinaGubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau lokasi karantina pemudik di GOR Satria Purwokerto, Jumat (7/5/2021). IDNTimes/Istimewa

Meski awalnya jengkel, setelah mengetahui bahwa semua pemudik yang datang ke Banyumas pada tanggal 6--17 Mei 2021 harus dikarantina selama lima hari, Wagiman legawa bisa menerima hal tersebut. Ia menyadari kesalahannya lantaran nekat menerabas aturan larangan mudik.

“Ya saya menerima, tidak apa-apa lima hari dikarantina di sini (tempat karantina). Saya pesan pada saudara-saudara lainnya nggak usah mudik. Kalau ingin keluarga sehat semua, jangan mudik. Mudik juga sengsara, karena akan dikarantina seperti saya,” ucapnya.

Pemudik lain, Rasikun juga mengatakan hal yang sama. Ia rela dikarantina karena memang itu sudah menjadi peraturan.

“Saya pulang kemarin, tanggal 6 (6/5/2022). Langsung ada perangkat desa yang mendatangi rumah dan meminta saya dikarantina. Saya ikut saja, karena sudah peraturan mau gimana lagi,” ujarnya.

Rasikun berpesan kepada para pemudik lain untuk menunda kepulangan ke kampung halaman. Selain bisa menularkan penyakit ke keluarga, mereka juga harus repot karena menjalani karantina.

3. Partisipasi masyarakat menentukan tercapainya tujuan larangan mudik

Nasib! Lolos Mudik ke Banyumas Malah Dilaporkan Istri Masuk KarantinaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, kisah Wagiman justru menjadi kisah yang inspiratif. Sebab, ia dikarantina karena laporan dari istrinya.

“Jadi dia dilaporkan istrinya ke RT. Istrinya bilang, bahwa suaminya akan mudik dari Jakarta tanggal sekian. Maka saat pulang langsung ketahuan. Partisipasi masyarakat Banyumas hebat sekali dan fair. Kalau masyarakat mendukung seperti ini, ini akan jadi contoh buat semuanya,” kata Ganjar.

Ganjar menyatakan dukungannya terhadap upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas mengarantina semua pemudik yang pulang pada 6--17 Mei 2021. Ia berharap karantina selama lima hari bisa mencegah potensi penularan virus korona. Selain itu, juga bisa menjadi efek jera bagi pemudik dan calon pemudik.

“Tidak semua melakukan seperti ini. Mudah-mudahan semua bisa melakukan, sehingga orang akan mudik jadi mikir, nanti pulang dikarantina ndak jadi lebaran. Maka orang akan memilih tidak pulang dan semuanya jadi aman,” tutur Ganjar.

Baca Juga: 52 Jemaah Jadi Korban 2 Klaster Salat Tarawih COVID-19 Banyumas

https://www.youtube.com/embed/EXoKAQvml2I

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya