Comscore Tracker

Tak Cuma Menolong Korban Bencana, Petugas BPBD Juga Bantu Lepas Cincin

Ternyata cuma pakai alat ini lho

Blora, IDN Times - Tim gerak cepat BPBD rupanya tak hanya lihai menyelamatkan warga yang mengalami musibah. Mereka juga sigap membantu ibu-ibu yang sedang dirundung masalah.

Salah satunya seperti yang dialami Agung Triyono, seorang personel TRC BPBD di Kabupaten Blora. Pagi tadi, Minggu (3/11), Agung mendapat laporan dari warganya.

1. Jari kanan Listyana bengkak gara-gara cincinnya tak bisa dilepas

Tak Cuma Menolong Korban Bencana, Petugas BPBD Juga Bantu Lepas CincinIDN Times/Dok BPBD Blora

Datang jauh-jauh dari rumahnya di Desa Ngalang, Kecamatan Jiken, seorang ibu bernama Listyana sengaja meminta tolong kepada BPBD Blora. Musababnya, jari manis tangan kanannya bengkak karena cincin yang ia pakai tak bisa dilepaskan.

"Awalnya itu tangannya sakit kayak bengkak. Sudah dibawa ke dokter dan beberapa tukang lainnya, tapi gak ada yang berhasil. Makanya salah satu keluarganya mencoba menghubungi kita buat minta tolong ngelepasin cincinnya," akunya saat berbincang dengan IDN Times.

Baca Juga: Inilah Arti dan Makna Letak Cincin di Masing-masing Jari Kamu

2. Agung pakai benang untuk melepaskan cincin

Tak Cuma Menolong Korban Bencana, Petugas BPBD Juga Bantu Lepas CincinIDN Times/Dok BPBD Blora

Saat mendatangi kantornya, Listyana yang panik lalu menunjukan cincin yang melingkar di jari kanannya. Rupanya, kata Agung cincin tersebut terbuat dari bahan keramik.

Setelah mendengar keluhan dari Listyana, Agung dan rekan-rekannya pun bergegas mengambil seuntai benang. "Saya akhirnya pake benang buat ngelepasin cincinnya ibu-ibu itu," terangnya.

Mula-mula benang dililitkan sedemikian rupa di sekitar cincin. Kemudian, ia mengoleskan minyak telon pada jari Listyana agar sedikit licin.

"Setelah benangnya dililitkan di permukaan cincinnya, lalu saya tarik pelan-pelan. Allhamdullilah berhasil, Mas. Kita lega karena bisa menolong warga yang mengalami kesusahan," katanya.

Baca Juga: Fenomena Halo Muncul di Blora dan Cilacap, Pertanda Apa? Ini Kata BMKG

3. Kejadian serupa pernah dialami tahun 2016

Tak Cuma Menolong Korban Bencana, Petugas BPBD Juga Bantu Lepas CincinIDN Times/Dok BPBD Blora

Diakuinya bukan kali ini saja dia dimintai tolong melepaskan cincin. Pada 2016 silam, hal yang sama pernah ia lakukan. Ketika itu, ada seorang ibu yang panik karena cincin emasnya tak bisa dilepas.

Setelah pontang-panting mendatangi puskesmas, dokter hingga tukang patri, entah kenapa ibu tersebut memutuskan mencari bantuan ke BPBD Blora. 

"Karena dia gak mau cincinnya dipotong, jadinya kita pake benang buat ngelepasin," tambahnya.

Alhasil, sejak kejadian itu, banyak orang yang minta bantuan kepada tim TRC. Mulai menyelamatkan sapinya yang terperosok dan masih banyak lagi. 

"Pada prinsipnya kita siap bantu apapun yang dialami warga. Termasuk saat ini kita lagi gencar memasok kebutuhan air bersih di desa yang mengalami kekeringan," ujar Agung.

Baca Juga: Water Bombing Mahal, BPBD Jateng Pilih Petakan Titik Api Memakai Drone

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Just For You