Pelajar hingga Mahasiswa Semarang Jadi Suporter Perenang Difabel Indonesia di APG 2022

Sorakan untuk Indonesia menggema di Jatidiri Semarang

Semarang, IDN Times - Pertandingan cabang olahraga para renang di ajang ASEAN Para Games (APG) 2022 dimulai di Kolam Renang Jatidiri, Semarang, Senin (1/8/2022). Selain atlet para renang yang hadir untuk bertanding, ratusan suporter dari kalangan pelajar hingga mahasiswa juga datang mendukung kontingen Indonesia yang berlaga.

1. Siswa hingga mahasiswa semangati perenang difabel

Pelajar hingga Mahasiswa Semarang Jadi Suporter Perenang Difabel Indonesia di APG 2022Kalangan pelajar hingga mahasiswa memberi dukungan ke perenang difabel yang berlaga di ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jati Diri Semarang, Senin (1/8/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Seperti Yoga Giri, guru SD Jomblang 3 Semarang itu membawa 10 siswa kelas 6 untuk datang menyaksikan pertandingan renang para atlet difabel dari berbagai negara di ASEAN. Namun, tidak hanya sekadar datang mereka secara khusus ingin menyemangati para atlet dari Indonesia.

Sesekali tampak Yogi menjelaskan ke anak didiknya saat pertandingan berlangsung. Misalnya, terkait waktu yang dicapai perenang jika menang, kemudian juga mengajarkan tentang perbedaan antara atlet normal dan difabel.

Para siswa pun menyimak penjelasan Yogi sekaligus mendapatkan pengalaman baru menyaksikan laga olahraga yang diikuti perenang difabel.

“Tak hanya mendukung kontingen, kami juga memiliki pemahaman ke siswa mengenai nilai-nilai yang dapat diambil dari APG 2022 sebagai ajang pesta olahraga atlet difabel,” dia mengungkapkan saat ditemui di Kolam Renang Jati Diri.

Baca Juga: Tari Rajamala Hibur 11 Kontingen ASEAN Para Games 2022

2. Guru pendamping tumbuhkan empati siswa

Pelajar hingga Mahasiswa Semarang Jadi Suporter Perenang Difabel Indonesia di APG 2022Pertandingan cabang olahraga renang di ajang ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri, Senin (1/8/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Ajang APG 2022 ini juga mengajarkan kepada siswa dan mahasiswa yang hadir sebagai pendukung untuk bersyukur dan menumbuhkan empati serta semangat berprestasi.

Salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang, Timmy Laoh juga datang untuk mendukung atlet renang difabel yang sedang berlaga. Sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi yang sedang mengikuti KKN di Kelurahan Lempongsari ia diminta untuk datang menyaksikan gelaran ASEAN Para Games 2022.

“Ini kali pertama saya menyaksikan kompetisi olahraga untuk atlet difabel. Senang bisa menonton secara langsung. Dengan melihat kondisi fisik yang memiliki kebutuhan khusus, semangat mereka untuk meraih prestasi sangat menginspirasi,” katanya.

3. Semangat atlet difabel menginspirasi

Pelajar hingga Mahasiswa Semarang Jadi Suporter Perenang Difabel Indonesia di APG 2022Perenang difabel Aris Wibawa meraih medali emas di ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Senin (1/8/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Untuk diketahui, penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 dilaksanakan di Kota Surakarta dan Kota Semarang mulai 30 Juli—6 Agustus 2022. 

Adapun, APG 2022 diikuti 11 negara di ASEAN seperti, Indonesia, Thailand, Vietnam, Kamboja, Filipina, Malaysia, Myanmar, Singapura, Laos, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. 

Baca Juga: 7 Potret Persiapan Laga Para Renang ASEAN Para Games 2022 di Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya