Menjaring Talenta Atlet Muda Bulu Tangkis, PB Djarum Tempuh Jalan Lain

Kekurangannya, pencarian tidak merata

Kudus, IDN Times - Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Djarum mulai menerjunkan tim pencari bakat bulu tangkis ke sejumlah daerah di Tanah Air. Hal tersebut dilakukan lantaran PB Djarum tidak lagi menggelar audisi umum, menyusul sikap protes dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

1. Menerjunkan tim pencari bakat atlet muda

Menjaring Talenta Atlet Muda Bulu Tangkis, PB Djarum Tempuh Jalan LainANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Tim pencari bakat tersebut akan mencari atlet muda bulu tangkis berbakat di beberapa daerah. Seperti di Kabupaten Klaten, Yogyakarta, dan Solo.

Selain menerjunkan tim pencari bakat, PB Djarum juga akan menjalin kerja sama dengan sejumlah rekanan klub bulu tangkis di Tanah Air.

"Kami memang sudah menerjunkan tim pencari bakat ke beberapa daerah. Karena tahun 2020 tidak ada lagi audisi umum bulu tangkis," kata Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppi Rosimin di Kudus dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (8/9).

Baca Juga: Isu Eksploitasi Anak, PB Djarum Resmi Hentikan Audisi Bulu Tangkis

2. Diklaim tetap akan menghasilkan atlet bertalenta

Menjaring Talenta Atlet Muda Bulu Tangkis, PB Djarum Tempuh Jalan LainANTARA FOTO/Idhad Zakaria

PB Djarum mengklaim bahwa pencarian bakat atlet muda bertalenta dengan model audisi dibandingkan dengan jalan tikus dengan mencari sendiri ke sejumlah daerah tidak begitu jauh berbeda hasilnya.

"Kami tetap bisa menemukan atlet muda berbakat sesuai kebutuhan PB Djarum untuk digembleng menjadi atlet berprestasi di level dunia," imbuh Yoppi.

3. Tidak bisa menyasar secara luas

Menjaring Talenta Atlet Muda Bulu Tangkis, PB Djarum Tempuh Jalan Laintwitter.com/PBDjarum

Namun kedua metode tersebut tetap berbeda. Yaitu peluang menjadi atlet bulu tangkis berkelas dunia bagi masyarakat luas menjadi tidak merata karena tim pencari bakat yang diterjunkan tentunya tidak secara luas menyasar mereka.

Hal itu berbeda dibandingkan ketika digelar melalui sebuah audisi umum, yang bisa diketahui masyarakat luas.

4. Sudah dua kota digelar audisi tahun ini

Menjaring Talenta Atlet Muda Bulu Tangkis, PB Djarum Tempuh Jalan Laintwitter.com/PBDjarum

Seperti diketahui, PB Djarum sudah mengumumkan bahwa tahun 2020 tidak akan menggelar penjaringan talenta muda berbakat di bidang bulu tangkis lewat audisi umum, karena tahun 2019 merupakan audisi terakhir.

Berdasarkan pemberitaan IDN Times, KPAI menganggap audisi bulu tangkis yang digelar Djarum Foundation dinilai sarat terjadinya eksploitasi anak.

Pada tahun ini, audisi sudah digelar di dua kota, yakni Bandung dan Purwokerto, dari rencana di lima kota. Terakhir final audisi akan dilakukan di Kabupaten Kudus, pada bulan November 2019.

Baca Juga: Audisi di Bandung, PB Djarum Temukan Bakat Unik

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya