Kisah Junaedi, Penggembala Kambing yang Tekuk Jagoan Thailand APG 2022

Junaedi raih medali emas beregu putra judo netra

Surakarta, IDN Times - Pejudo difabel Indonesia, Junaedi tak bisa menyembunyikan kegembiraannya usai meraih medali emas beregu putra tim judo netra di ajang ASEAN Para Games XI 2022. Bertanding di Tirtonadi Convention Hall, Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022), Junaedi bertarung sengit melawan atlet difabel Thailand, Kongsuk Vitoon.

1. Berhasil kalahkan atlet judo asal Thailand

Kisah Junaedi, Penggembala Kambing yang Tekuk Jagoan Thailand APG 2022Junaedi atlet Judo asal Indonesia raih emas di APG XI Solo. (Dok/INASPOC)

Pejudo asal Kota Garut, Jawa Barat tersebut sebelumnya sempat kalah melawan Kongsuk Vitoon dalam nomor individual dan hanya puas meraih posisi kedua atau runner-up. Namun di nomor beregu, Junaedi ternyata melampiaskan dendamnya dan berhasil mengalahkan Vitoon sehingga bisa memberikan piun untuk Indonesia.

Melawan atlet Thailand tersebut, Indonesia menang telak 3-0.

“Sangat senang bisa menyumbang kemenangan di nomor beregu. Kemarin saya gagal meraih emas saat lawan Thailand (Kongsuk Vitoon),” katanya usai pertandingan.

Baca Juga: Raihan Medali Indonesia di APG 2022 Lampaui Target, Atletik Terbanyak

2. Sumbangkan medali emas untuk keluarga

Kisah Junaedi, Penggembala Kambing yang Tekuk Jagoan Thailand APG 2022Tim Judo regu putra Indonesia raih emas di APG XI Solo. (Dok/INASPOC)

Medali emas di ASEAN Paragames XI 2022 adalah fokusnya dia selama setahun terakhir. Junaedi mengatakan, medali emas yang didapatkannya dipersembahkan untuk keluarganya yang datang jauh-jauh dari Garut, Jawa Barat.

“Orangtua saya sampai terharu. Setiap kali bertanding, pasti ada dan menyaksikan tim Indonesia. Keberhasilan ini juga doa dari orang tua dan keluarga,” terangnya.

Sebelum menjadi atlet, Junaedi menceritakan jika sebelumnya ia merupakan seorang penggembala kambing di Garut. Usianya yang sudah menginjak 26 tahun itu, ia pernah menekuni olahraga catur dan renang. Namun, passion-nya ada di olahraga bela diri, judo.

3. Berprofesi sebagai pengembala kambing.

Kisah Junaedi, Penggembala Kambing yang Tekuk Jagoan Thailand APG 2022Junaedi atlet Judo asal Indonesia raih emas di APG XI Solo. (Dok/INASPOC)

Kakak kandung Junaedi, Asep bangga dengan prestasi yang diraih adiknya. Asep menceritakan sosok Junaedi yang sehari-harinya menggembala kambing dan ikut orangtua di ladang.

“Dia dulu sehari-hari di rumah yang menggembala kambing dan ikut ayah dan ibu ke ladang untuk mencangkul. Maklum, kami dari keluarga menengah ke bawah di Garut,” aku Asep yang setia mendampingi adiknya tersebut.

Di kampungnya, lanjut Asep, Junaedi terkenal dekat dengan warga sekitar meski pendiam.

“Junaedi ini anaknya pendiam tidak neka-neka. Alhamdulillah sosialisasi dan sumbangsih ke masyarakat sangat baik,” imbuh Asep.

Asep berharap, Junaedi tetap rendah hati dan taat beribadah seperti sebelum menjadi atlet dan terkenal.

“Harapan kami, Junaedi bisa meraih prestasi lebih tinggi lagi dan tidak meninggalkan ibadah di mana pun dia bertanding," tandasnya.

Baca Juga: 17 Atlet ASEAN Para Games 2022 Terkonfirmasi Positif COVID-19 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya