Lepas 52 Atlet asal Solo Berlaga di PON Papua 2021, Waspada Malaria

Berasal dari berbagai cabang olah raga.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melepas kontingen olahraga dari Kota Solo untuk berlaga pada PON XX Papua yang resmi digelar 2-15 Oktober 2021. Pelepasan tersebut digelar di Pendapo Gedhe kompleks Balaikota Solo, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga: Nadiem dan Gibran Angkat-angkat Meja saat Tinjau PTM di Solo

1. Berangkatkan 52 atlet dari 19 cabor

Lepas 52 Atlet asal Solo Berlaga di  PON Papua 2021, Waspada MalariaSuasana lapangan pertandingan bulu tangkis di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Kota Solo memberangkatkan 64 orang dengan rincian 52 atlet dari 19 cabang olahraga (cabor) didampingi 12 pelatih/ofisial akan memperkuat kontingen Jawa Tengah di PON Papua. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solo Joni Hari Sumantri mengatakan penyelenggaraan PON ke 20 Papua di helat di 4 lokasi yakni kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, kabupaten Mimika dan kabupaten Merauke. 

“PON Papua ini Jawa Tengah mempunyai target 5 besar dengan perolehan minimal 45 medali emas. Kontingen Jateng mengikuti 39 cabang olahraga dengan total kekuatan 651 orang terdiri dari 441 atlet, 210 pelatih dan asisten pelatih,” paparnya.

2. Para atlet diminta waspada malaria

Lepas 52 Atlet asal Solo Berlaga di  PON Papua 2021, Waspada MalariaAtlet PON Papua 2021 asal Kota Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Dikesempatan yang sama Ketua Umum KONI Surakarta Lilik Kusnandar yang juga manajer cabang olahraga bermotor berpesan agar para atlet untuk lebih berhati-hati menjaga kesehatan selama di Papua dan meminta untuk membuat grup WA sebagai sarana komunikasi ketika di Papua. 

“Jadi kalau ada apa-apa kita bisa komunikasi dan saling bantu. Karena pesan dari KONI Provinsi ketika kontingen sudah masuk mess di Papua tidak boleh keluar sembarangan mengingat beberapa pertimbangan seperti faktor keamanan dan di sana juga masih musim malaria,” ucapnya.

Menurutnya, ancaman malaria menjadi perhatian tersendiri bagi KONI Surakarta. Lilik juga menekankan pada awak kontingen dari Solo untuk membawa obat-obatan anti malaria. 

“Saya sangat tekankan soal malaria ini karena anda semua adalah aset-aset Kota Surakarta. Kepada masyarakat Surakarta kami mohon doa restu supaya atlet-atlet kita bisa membawa nama harum kota Solo di kancah nasional” tegas Lilik. 

3. Gibran doakan menang

Lepas 52 Atlet asal Solo Berlaga di  PON Papua 2021, Waspada MalariaGibran Rakabuming lepas 52 atlet PON asal Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberika doa restu kapada para kontingen agar bisa membawa mendali. Selain itu, ia juga menyerahkan uang saku untuk atlet dan ofisial Solo yang akan memperkuat kontingen Jateng.

“Semoga menang dan bisa membanggakan Kota Solo,” harap Gibran. 

Baca Juga: Penangkapan 10 Mahasiswa UNS Bawa Poster Jokowi, Gibran Telepon Rektor

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya