Pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 di Solo Mundur, Mepet 17 Agustus

Seluruh veneu sudah siap digunakan

Surakarta, IDN Times - Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Kompetisi olahraga internasional tersebut rencananya digelar pada 23--30 Juli 2022 di Solo. Namun, pelaksanaannya mundur kurang lebih satu minggu dari jadwal yang ditentukan.

1. Kemunduran jadwal sudah disepakati bersama

Pelaksanaan  ASEAN Para Games 2022 di Solo Mundur, Mepet 17 AgustusWalikota Solo, Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Wali Kota Solo yang juga Ketua Pelaksana ASEAN Para Games 2022, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara itu diundur sepekan atau satu minggu dari rencana awal berdasarkan hasil rapat terbaru dengan National Paralympic Committee (NPC) dan panitia penyelenggara Asean Para Games.

"Kemarin sudah diputuskan Para Games-nya mundur seminggu," ujar Gibran Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Gibran Sering Ketemu Petinggi Partai, Dekatin untuk Pemilu 2024?

2. Pelaksanaan mendekati hari kemerdekaan

Pelaksanaan  ASEAN Para Games 2022 di Solo Mundur, Mepet 17 AgustusKeluarga Kerajaan Bajeng memakai baju adat memimpin upacara memperingati Kemerdekaan RI di Kawasan Balla Lompoa Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat (14/8/2020). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Alasan pemunduran ASEAN Para Games dilakukan agar kompetisi tersebut ikut menyemarakkan euforia Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 2022.

"Alasannya biar mendekati 17 Agustus 2022. Jadi nanti kelihatan ada rentetan 17 Agustus-nya," jelas Gibran.

Meski mundur satu minggu, Gibran tetap optimis para atlet dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Terlebih, pihaknya menargetkan Indonesia sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022.

"Tapi intinya sudah siap semua, semua kontingen sudah siap semua. Jadi (tolong bantu) doakan, kemarin pak Ketua NPC targetnya juara umum," pungkasnya.

3. Persiapan venue lomba sudah siap

Pelaksanaan  ASEAN Para Games 2022 di Solo Mundur, Mepet 17 Agustus(Atlet cabang olahraga anggar kursi roda National Paralympic Commitee (NPC) menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Solo, Jawa Tengah) ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Ditanya soal persiapan venue pertandingan, Gibran mengaku seluruhnya sudah siap untuk digunakan, bahkan hotel untuk para kontigen juga sudah disurvei.

Namun, ia mengatakan jika ada beberapa fasilitas pendukung yang perlu disiapkan lebih lanjut.

"Hari ini (Selasa (12/4/2022)) ada pengecekan juga dari Kementerian PUPR untuk merenovasi titik-titik yang sekiranya masih belum siap. Kalau dilihat cuma beberapa fasilitas pendukung toilet yang belum siap. Itu kadang toiletnya pintunya kekecilan atau apa, harus dibenahi," pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Pengin Ikut Demo Tolak 3 Periode Presiden Jokowi di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya