5 Pemain Inggris Termahal yang Dijual Southampton, Ada Nama Baru!

James Ward-Prowse masuk dalam daftar!

Southampton merupakan salah satu klub yang sering mentas di Premier League. Mereka sejatinya bukanlah klub penantang gelar Premier League. Meski begitu, Southampton kerap melahirkan pemain berkualitas, khususnya pemain berkebangsaan Inggris. 

Banyak pemain Inggris yang membela Southampton sebelum pindah ke klub top Eropa. Mereka menunjukkan performa yang apik dan dijual mahal oleh Southampton. Berikut lima pemain Inggris termahal yang dijual Southampton. 

1. Luke Shaw

5 Pemain Inggris Termahal yang Dijual Southampton, Ada Nama Baru!Luke Shaw (manutd.com)

Luke Shaw sejatinya merupakan pemain jebolan akademi Southampton. Pemain berposisi bek kiri ini dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2012. Ia berhasil menorehkan performa apik kala membela tim senior. '

Selama membela Southampton, Luke Shaw menorehkan 67 penampilan dengan mencetak 2 assist. Melihat performa apiknya, ia kemudian diboyong Manchester United pada musim panas 2014. Nilai transfernya mencapai 38 juta euro atau Rp651 miliar. 

2. Tino Livramento

5 Pemain Inggris Termahal yang Dijual Southampton, Ada Nama Baru!Tino Livramento (nufc.co.uk)

Sulitnya menembus skuad utama Chelsea, Tino Livramento memutuskan hengkang ke Southampton pada musim panas 2021. Ia ditebus dengan biaya 6 juta euro atau Rp102 miliar. Berposisi bek kanan, ia justru jadi andalan di lini belakang Southampton. 

Tino Livramento mencatatkan 34 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 2 assist. Sayang, pada musim 2022/2023, ia harus menepi lantaran cedera lama yang ia derita. Meski begitu, ia masih bisa dijual mahal ke Newcastle United. Ia dijual dengan biaya 38 juta euro atau Rp646 miliar pada musim panas 2023. 

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Andalan Arsene Wenger saat Melatih Arsenal

3. James Ward-Prowse

5 Pemain Inggris Termahal yang Dijual Southampton, Ada Nama Baru!James Ward-Prowse (whufc.com)

Terdegradasinya Southampton membuat mereka diitinggalkan banyak pemain andalannya. Salah satu pemain yang hengkang pada musim panas 2023 adalah James Ward-Prowse. Gelandang tengah ini pindah ke West Ham United pada musim panas 2023. 

James Ward-Prowse didatangkan dengan biaya 36 juta euro atau Rp604 miliar. Kehadiran sang pemain diharapkan bisa menjadi amunisi baru di lini tengah West Ham. Terlebih lagi, mereka telah ditinggalkan Declan Rice pada musim panas 2023. 

4. Adam Lallana

5 Pemain Inggris Termahal yang Dijual Southampton, Ada Nama Baru!Adam Lallana (liverpoolfc.com)

Adam Lallana memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke tim akademi Southampton. Sang pemain dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2006. Berposisi gelandang serang, ia sukses tampil konsisten selama membela Southampton. 

Adam Lallana mencatatkan 265 pertandingan dengan mencetak 60 gol dan 48 assist. Melihat performa apiknya membuat Liverpool kepincut. Alhasil, ia dijual ke Liverpool pada musim panas 2014 dengan biaya 32 juta euro atau Rp538 miliar. 

5. Danny Ings

5 Pemain Inggris Termahal yang Dijual Southampton, Ada Nama Baru!Danny Ings (avfc.co.uk)

Danny Ings awalnya hanya dipinjam oleh Southampton dari Liverpool. Namun, ia justru menunjukkan penampilan apik hingga membuat Southampton ingin merekrutnya secara permanen. Alhasil, ia pindah ke Southampton secara resmi pada musim panas 2019. 

Danny Ings jadi mesin gol andalan Southampton selama beberapa musim. Kiprahnya di Southampton berakhir pada musim panas 2021. Sang pemain ditebus oleh Aston Villa dengan biaya 30 juta euro atau Rp511 miliar. 

Melihat daftar pemain di atas, ada dua nama baru pemain Inggris yang telah dijual mahal ke klub lain. Mereka adalah Tino Livramento dan James Ward-Prowse. Talenta pemain Inggris memang tak pernah habis. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Meninggalkan Leicester City Musim 2023/2024

Ainur Rizki Photo Community Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya