Profil Ridho Syuhada Putra, Pemain Muda PSIS Semarang Mulai Unjuk Gigi

Bawa Garuda Select 4 menang di Inggris

Semarang, IDN Times - PSIS Semarang bermain memukau di laga pembuka lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 dengan skor akhir 3-0 unggul dari Madura United. Dari tiga gol yang dicetak Mahesa Jenar, satu gol disumbang oleh pemain muda Ridho Syuhada Putra pada pertandingan  yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin (6/12/2022).

1. Mulai masuk sekolah bola di usia 8 tahun

Profil Ridho Syuhada Putra, Pemain Muda PSIS Semarang Mulai Unjuk GigiPemain PSIS Semarang U-16, Ridho Syuhada mendapat panggilan untuk pemusatan latihan bersama Timnas U-18. (dok. PSIS Semarang)

Gol ketiga pada menit ke-83 itu sekaligus menandai debut baru pesepakbola berusia 18 tahun itu di klub sepakbola tempat ia bernaung PSIS Semarang. Namun, bicara soal rekam jejak nama Ridho di lapangan sudah tidak asing lagi.

Ridho Syuhada sebenarnya sudah mencuri perhatian sejak masih usia belia. Pemuda kelahiran Kuantan Singingi, Riau ini mulai mengenyam sekolah sepak bola di Kalimantan. Ia masuk SSB Gasela Lamandau di usia 8 tahun. Selang tiga tahun, Ridho pindah ke SSB Kobar Muda, Pangkalan Bun.

Baca Juga: PSIS Semarang Menang Banyak, 3 Gol Bobol Gawang Madura United 

2. Merantau ke Jawa dan masuk Elite Pro Academy PSIS

Profil Ridho Syuhada Putra, Pemain Muda PSIS Semarang Mulai Unjuk GigiPara remaja dari seluruh Indonesia mengikuti seleksi Elite Pro Academy (EPA) PSIS Semarang. (dok. PSIS)

Demi meraih mimpi sebagai pesepakbola, Ridho merantau ke Jawa dan masuk dalam pembinaan PSIS Semarang di Elite Pro Academy. Ketekunannya mengasah skill dalam memainkan si kulit bundar mengantar Ridho lolos seleksi skuat PSIS Semarang U-16.

Kemudian, pemain di posisi gelandang serang itu juga sempat ikut latihan bersama skuat U-18 dan U-20. Karirnya terus menanjak, pada akhir tahun lalu Ridho lolos dan menyisihkan ratusan pemain dalam seleksi Garuda Select. 

1. Ridho sumbang gol terakhir di laga PSIS VS Madura United

Profil Ridho Syuhada Putra, Pemain Muda PSIS Semarang Mulai Unjuk GigiPertandingan PSIS Semarang melawan Madura United di laga perdana lanjutan BRI Liga 1 2022 di Stadion Manahan Solo, Senin (5/12/2022). (dok. PSIS)

Pada kompetisi itu ia tampil apik dan berhasil mencetak dua gol dan mengantar Garuda Select 4 menang saat berlaga di Inggris. 

Semalam Ridho juga bermain apik, ia membawa PSIS meraih poin penuh pada pertandingan melawan Madura United dengan skor akhir 3-0. 

Gol Ridho pada menit-menit terakhir pertandingan itu merupakan umpan dari Delvin Rumbino yang dieksekusi langsung melalui tendangan kerasnya dan melumpuhkan pertahanan penjaga gawang Madura United Rendy Oscario.

Baca Juga: PSIS Semarang Yakin Menang Lawan Madura United di Laga Lanjutan Liga 1

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya