Hore! Stadion Manahan Solo Jadi Venue Kualifikasi Piala Asia U-23

Dinilai sudah memiliki kualitas internasional

Surakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan jika Kota Solo secara resmi ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 grup K. Hal tersebut disampaikan oleh Erick saat meninjau sejumlah fasilitas Stadion Manahan pada Stadion Manahan, Minggu (4/6/2023).

1. Miliki stadion bertaraf internasional

Hore! Stadion Manahan Solo Jadi Venue Kualifikasi Piala Asia U-23Ketua PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam tinjauannya, Menteri BUMN tersebut mengatakan, ditunjuknya Stadion Manahan sebagai venue pertandingan Timnas U-23 Indonesia, tak lepas dari fasilitas dan kesiapan stadion berstandar internasional tersebut.

"Ini kesempatan yang luar biasa buat Kota Solo yang punya stadion berstandar internasional. Kini nantinya pertandingan-pertandingan internasional bisa dilakukan di Kota Solo. Dan inilah kenapa kami berkomunikasi dengan FIFA dan AFC untuk mempertimbangkan fasilitas ini dapat digunakan untuk salah satu bapak penyisihan yang ada 11 grup. Salah satunya di sini untuk kejuaraan AFC U-23 yaitu di mana kita sebagai tuan rumah," kata Erick.

Baca Juga: Jeonbuk Hyundai Motors Korea Selatan Tantang Persis Solo di Manahan

2. Lakukan pengecekan stadion

Hore! Stadion Manahan Solo Jadi Venue Kualifikasi Piala Asia U-23Ketua PSSI Erick Thohir mengecek fasilitas ruang ganti pemain Stadion Manahan Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Erick menjelaskan, stadion berkapasitas 20 ribu penonton tersebut masih ada beberapa fasilitas yang sebelum renovasi belum lengkap dan pihaknya akan segera melengkapinya. Kendati demikian, Erick mengaku jika kekurangan tersebut bukan merupakan pekerjaan berat.

"Sudah ada fasilitas buat media yang luar biasa. Dan tadi sekalian pengecekan ruangan," jelasnya.

Lebih lanjut, Erick mengatakan jika Solo dipilih sebagai salah satu tuan rumah karena memiliki fasilitas yang memadai. Baik dari sisi infrastruktur, bandara, penginapan, stadion dan lainnya.

"Memang nanti tim tamu mendaratnya tetap di Jakarta. Nanti kita akan ada charter flight atau diterbangkan ke Solo. Kita meyakinkan AFC, kita bisa dan ini sesuai dengan standar FIFA. Makanya tadi sebelum press conference saya mengecek dulu standar yang belum saya cek waktu dulu saya ke sini," katanya.

3. Kualifikasi Piala Asia U-23 digelar September 2023

Hore! Stadion Manahan Solo Jadi Venue Kualifikasi Piala Asia U-23Ketua PSSI Erick Thohir. (IDN Times/Larasati Rey)

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung pada 4--12 September 2023 mendatang.

Selain Timnas Indonesia U-23, terdapat 10 tim lainnya yang ditunjuk AFC sebagai penyelenggara Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Di antaranya, Bahrain, China, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

Selain Timnas U-23 sebagai tuan rumah, juga ada tim nasional China Taipei alias Taiwan dan Turkmenistan

"Tentu saya berharap masyarakat Solo yang terkenal ramah tamahnya dan suporter bolanya ini bisa benar-benar mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik. Menerima, menjamu, mengawal semua pertandingan bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai kepercayaan yang diberikan kepada kita baik di dalam negeri dan internasional dijaga jangan sampai sepak bola kita ada persepsi negatif di luar," pungkasnya.

Baca Juga: Erick Thohir Resmikan Studio Rekaman Lokananta Usai Direvitalisasi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya