Comscore Tracker

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihack

Bisa jadi aktivitas kalian sedang direkam

IDN Times - Merasakan ada yang aneh dan janggal dengan kinerja laptop atau PC mu? jangan-jangan perangkatmu diretas.

Koneksi internet selain membawa banyak hal positif ternyata juga membawa sesuatu yang negatif. Koneksi internet melalui laptop atau PC rentan disusupi atau diretas oleh tangan-tangan jahil para hacker.

Para peretas berpotensi mencuri data. Ketika Anda klik berbagai banner atau situs, janga-jangan kalian telah membiarkan mereka masuk ke komputer Anda tanpa menyadarinya.

Nah apakah laptop atau komputer kamu salah satu yang dimata-matai, cek di sini ciri-ciri komputer telah diretas.

1. Baterai di laptop cepat habis

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihackpcmag.com

Jika baterai laptop tidak seperti biasanya cepat sekali habis kemungkinan ini salah satu tanda perangkat kamu sedang disusupi oleh hacker.

Perhatikan jika ada beberapa perangkat lunak yang tidak diinginkan berjalan di latar belakang saat laptop Anda aktif, Ia menggunakan daya prosesor pusatnya. Beberapa program seperti ini bisa berupa spyware atau virus.

Masa pakai baterai yang singkat juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang melakukan cryptomining dengan prosesor Anda atau terinfeksi malware. Hal ini menyebabkan komputer menjadi panas, dan baterai laptop cepat habis jauh lebih cepat dari biasanya.

2.Program atau aplikasi berjalan lambat dan sering crash

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihackelegantthemes.com

Peretas selalu mencari cara baru untuk mengumpulkan data Anda. Mereka dapat memasukkan kode ke aplikasi Anda untuk membuatnya mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan.

Ini dapat membuat aplikasi yang sedang kamu buka berjalan lebih lambat dan sering crash. Untuk melindungi diri Anda sendiri, cobalah untuk tidak memasukkan data keuangan Anda seperti nomor kartu kredit atau kode ke dalam aplikasi, dan selalu membuat kata sandi yang rumit.

3. Kinerja Komputer berjalan lebih lambat dari biasanya

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihackunsplash.com

Kinerja komputer berjalan lambat bisa jadi komputer tersebut telah disusupi oleh peretas.

Lambatnya kinerja komputer bisa jadi merupakan tanda-tanda telah terinfeksi malware seperti worm atau Trojan. Perangkat lunak berbahaya tersebut dapat masuk ke komputer Anda melalui program yang Anda unduh, karena sering kali disamarkan sebagai perangkat lunak yang sah.

Malware worm atau trojan tersebut menghabiskan banyak sumber daya prosesor, yang membuat komputer Anda berjalan lebih lambat.

Baca Juga: 7 Hacker Tersohor Sepanjang Masa, Ada yang Cari Tahu Keberadaan UFO

4. Webcam tiba-tiba mulai merekam.

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihackwtop.com

Jika Anda melihat bahwa webcam Anda tiba-tiba merekam bisa jadi Ini adalah sesuatu yang mengkhawatirkan karena bisa jadi Anda sedang dimata-matai.

Para peretas tersebut kemungkinan tak hanya mencoba mencuri data-data pribadi Anda mengambil foto, merekam suara bahkan dokumen-dokumen penting lainnya. Segera tutupi kamera Anda, nyalakan mikrofon Anda hanya ketika diperlukan, dan seringlah ganti kata sandi Anda.

5. Banyak iklan pop-up muncul

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihackmalwaretips.com

Terkadang, saat browsing di internet secara tidak sengaja Anda klik banner mencurigakan di website lalu kemudian banyak iklan muncul dan juga Pop-up. Bisa jadi ini merupakan pintu masuk ke dalam komputer Anda.

6. Anda melihat bahwa beranda tiba-tiba berubah

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihacknypost.com

Satu lagi tanda yang mengkhawatirkan adalah keadaan beranda browser Anda. Jika Anda membukanya dan menyadari bahwa itu berbeda dari yang biasanya Anda miliki. Ini berarti bahwa komputer Anda terinfeksi.

7. Browser Anda terus-menerus dialihkan

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihacklifehacker.com.au

Jika Anda mencari sesuatu di Google dan mengarahkan Anda ke situs web yang tidak dikenal dan mencurigakan, alih-alih menunjukkan hasil pencarian Anda, tandanya komputer Anda sedang bermasalah. Kemungkinan komputer Anda sedang disusupi mallware atau trojan.

Dalam hal ini Anda perlu memeriksa ekstensi browser Anda dan menghapus ekstensi yang tidak Anda instal sendiri.

8. Anda melihat program yang tidak dikenal diinstal pada komputer Anda

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihackhttp://www.yakangler.com


Salah satu cara paling umum untuk memonitor komputer dari jarak jauh yakni menggunakan malware. Untuk memastikan komputer anda tidak ada mallware, pastikan secara teratur memeriksa program yang diinstal.


Terkadang beberapa perangkat lunak yang tidak diinginkan ikut terinstal, ketika Anda mencoba untuk menginstal sesuatu di bundleware. Jika Anda melihat beberapa program mencurigakan yang belum pernah ada di komputer Anda - Anda harus segera menghapusnya.

9. Anda melihat aktivitas browser yang mencurigakan

Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihackpctechmag.com

Jika Anda melihat ada situs web yang tidak pernah Anda kunjungi, ini mungkin pertanda ada sesuatu yang tidak beres di komputer Anda. Aktivitas browser yang mencurigakan bisa jadi seseorang sedang memata-matai Anda dan mencoba untuk mendapatkan akses ke data Anda.

Baca Juga: 5 Laptop dengan Prosesor Frekuensi Tinggi Ini Cocok untuk Aktivitasmu!

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya