Comscore Tracker

Kepengin Jago Bahasa Inggris? Cobain Main Game Bikinan Anak Udinus Ini

Game buatan Udinus pernah menang di lomba aplikasi

Semarang, IDN Times - Belajar bahasa Inggris di era Millennial bukanlah perkara sulit. Banyaknya terobosan yang dibuat oleh pihak kampus membuat para millennial semakin gampang mempelajari Bahasa Inggris. 

Salah satunya dilakukan oleh dua mahasiswa prodi Teknik Informatika S1 Udinus. Risal Fajar Amiyardi dan Ahmad Abdul Hadi, dua mahasiswa Udinus tersebut mengajak rekannya dari kampus negeri lokal, Krisno Febriyanto untuk membuat sebuah game bernama Smart Boy Vocabs Master. 

1. Game bikinan mahasiswa Udinus dirancang untuk menambah kosakata Bahasa Inggris

Kepengin Jago Bahasa Inggris? Cobain Main Game Bikinan Anak Udinus IniIlustrasi Bermain Game (IDN Times/Mardya Shakti)

Risal Fajar Amiyardi mengatakan, game buatannya telah dirancang untuk memperkaya kosakata Bahasa Inggris yang beredar luas selama ini.

"Ini adalah game kategori Tower Defense. Cara mainnya, setiap gamers harus cepet-cepetan menghancurkan musuh agar dapat menjaga benteng. Setiap musuh yang muncul sudah didesain bisa mengeluarkan kata dalam bahasa Inggris. Kita yang main harus mengartikan kata tersebut," kata Risal dalam keterangan kepada IDN Times, Sabtu (25/7/2020). 

"Dengan main Smart Boy Vocabs Master, kita gampang menambah perbendaharaan kata bahasa Inggris," imbuhnya.

Baca Juga: Songsong Kampus Merdeka, Mahasiswa Udinus Mulai Diajari Kuliah Daring

2. Gamers secara tak langsung ikut belajar kosakata bahasa Inggris

Kepengin Jago Bahasa Inggris? Cobain Main Game Bikinan Anak Udinus IniPixabay

Lebih lanjut, ia juga menerangkan setiap mengartikan kosakata, ada juga pilihan jawabannya. Para pemain yang berhasil menjawab dengan benar, maka dapat lanjut stage selanjutnya.

Ia pun ingin berusaja menciptakan game-game yang dapat mengedukasi masyarakat luas. Ia berharap agar game bikinannya dapat membantu anak muda belajar kosakata bahasa Inggris. 

Selain itu, ia berharap dapat menginspirasi para developer yang lain agar dapat membuat game edukasi yang lebih kreatif lagi.

"Kami berkaca dari indeks dari Education First, yang menyatakan jika Indonesia menduduki peringkat ke-61 dengan skor 50.06 di tahun ini. Hal itu membuat kami tercetus untuk menciptakan aplikasi tersebut yang menyenangkan dan tentunya seru untuk dimainkan," tuturnya.

3. Smart Boy Vocabs Master masuk dalam daftar resmi game di BPMPK

Kepengin Jago Bahasa Inggris? Cobain Main Game Bikinan Anak Udinus IniTiga mahasiswa di Semarang saat memamerkan game dan piagam juaranya di Festival Kihajar. Dok Udinus

Ia menjelaskan game yang dibuat bersama rekan-rekannya tersebut kini mampu menyabet juara dalam ajang Festival Mobile Kihajar 2020 yang digelar Kemendikbud. Saat ini, game buatannya telah masuk dalam daftar aplikasi permainan di portal resmi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK).

Baca Juga: Lonjakan COVID-19, Udinus Pasok Baju Hazmat ke RS Tugu Semarang

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya