Comscore Tracker

Catat! Daftar Diskon Mobil Toyota dan Honda di Jateng Setelah PPnBM

Penjualan diprediksi naik menjelang Lebaran 2021

Semarang, IDN Times - Program relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen yang berlaku mulai Maret 2021 berdampak positif terhadap penjualan mobil di Jawa Tengah. Sejumlah dealer mobil mengklaim mencatat adanya kenaikan permintaan unit hingga mencapai 50 persen meski penerapan kebijakan tersebut belum ada sebulan.

1. Penjualan mobil Toyota naik 40-50 persen

Catat! Daftar Diskon Mobil Toyota dan Honda di Jateng Setelah PPnBMIDN Times/Anggun Puspitoningrum

Dealer mobil Toyota di wilayah Jateng dan DIY, Nasmoco Grup mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 40-50 persen untuk mobil yang mendapat diskon PPnBM nol persen. Ada lima mobil Toyota yang mendapatkan relaksasi, yakni Avanza, Rush, Yaris, Sienta, dan Vios.

‘’Jika diakumulasi peningkatan pemesanan mencapai 40-50 persen untuk semua tipe mobil. Namun, kenaikan permintaan tertinggi ada pada Toyota Avanza dan Toyota Rush, yakni masing-masing 60 persen dan 40 persen dibandingkan penjualan pada bulan sebelumnya saat pandemik COVID-19,’’ kata Marketing Director Nasmoco Grup, Hartono Dinata, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga: Harga Avanza Dipotong Rp14 Juta, 5 Mobil Toyota Dapat Insentif PPnBM

2. Diler berharap momen Lebaran 2021 penjualan mobil akan naik

Catat! Daftar Diskon Mobil Toyota dan Honda di Jateng Setelah PPnBMToyota Avanza 2012. FavCars.com

Hartono mengklaim hingga 11 Maret 2021, penjualan mobil Toyota khususnya jenis Avanza sudah mencapai 100 unit. Jumlah itu naik dibandingkan penjualan saat Februari 2021 yang hanya 40 unit per bulan. Kondisi serupa terjadi untuk penjualan Toyota Rush.  

“Kami memperkirakan peak season atau lonjakan permintaan otomotif akan terjadi pada Maret hingga Mei 2021 karena bertepatan dengan momen jelang lebaran dan pemberlakuan diskon PPnBm ini, sehingga akan berimbas pada stok mobil yang tersedia. Jadi Maret ini saat terbaik untuk beli mobil karena stok kami pastikan aman” ujarnya.

Adapun, penurunan harga mobil Toyota setelah mendapat insentif PPnBM nol persen mendapatkan potonga harga yang beragam, sebagai berikut.

  • Avanza potongan sebesar Rp13 juta
  • Rush potongan sebesar Rp 18 juta
  • Yaris potongan Rp19 juta
  • Sienta potongan Rp18 juta
  • Vios potongan Rp60 juta

3. Diskon 100 persen PPnBM berlaku 3 bulan pertama

Catat! Daftar Diskon Mobil Toyota dan Honda di Jateng Setelah PPnBMIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Untuk diketahui, peraturan PPnBM diterapkan sejak 1 Maret 2021 dan berlaku untuk mobil dengan kapasitas mesin tidak lebih dari 1.500 cc kategori sedan dan 4x2, model CKD (Completely Knock Down) dengan kandungan bahan lokal minimal 70 persen.

Diskon PPnBM sebesar 100 persen dari tarif normal akan diberikan pada tiga bulan pertama, kemudian 50 persen dari tarif normal pada tiga bulan berikutnya, dan 25 persen dari tarif normal pada tahap ketiga untuk empat bulan. 

Terpisah, sejumlah mobil Honda juga mendapatkan relaksasi pajak nol persen. Di antaranya tipe Honda Brio RS, Honda Mobilio, Honda BRV, dan Honda HRV.

Dengan adanya PPnBM, harga kendaraan-kendaraan tersebut ikut turun, mulai Rp10 juta sampai Rp19 juta. 

4. Permintaan mobil Honda naik dua kali lipat

Catat! Daftar Diskon Mobil Toyota dan Honda di Jateng Setelah PPnBMHonda City Hatchback meluncur di Jawa Tengah dan DIY. Dok. Honda Semarang Center

Operation Manager Honda Semarang Center, Eddy Haryanto juga mengklaim berdampak signifikan terhadap penjualan mobil Honda. 

‘’Sejak insentif PPNBM berlaku per 1 Maret 2021 lalu hingga sekarang (red: Kamis, 11 Maret 2021), permintaan mobil Honda meningkat dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya. Adapun, tipe yang diminati konsumen antara lain, Honda Brio RS, HRV, dan BRV,’’ katanya saat dihubungi IDN Times, Kamis (11/3/2021). 

Baca Juga: Meluncur di Jawa Tengah, Honda City Hatchback Dapat Insentif PPnBM?

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya