Comscore Tracker

Perbaikan Jalan di Ruas Selatan Jateng Menggunakan Aspal Karet

Banyak manfaat yang didapat

Banjarnegara, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali meningkatkan kualitas jalan nasional di Pulau Jawa. Dari keterangan tertulis akun resmi media sosial Kementerian PUPR, peningkatan atau preservasi jalan nasional itu dilakukan di wilayah selatan Jawa Tengah.

Yang menarik, proyek peningkatan jalan tersebut menggunakan aspal karet.

1. Di ruas Ajibarang-Banjarnegara

Perbaikan Jalan di Ruas Selatan Jateng Menggunakan Aspal Karettwitter.com/KemenPU

Preservasi jalan nasional dilakukan di Lintas Tengah Jawa pada ruas Ajibarang-Banyumas-Klampok-Banjarnegara. Preservasi kali ini dilakukan rehabilitasi mayor sepanjang 10,5 kilometer.

Pekerjaan tersebut meliputi perbaikan eksisting, penambalan jalan berlubang, dan pengaspalan jalan dua lapis.

Baca Juga: Kementerian PUPR: 43 Juta Rumah di Indonesia Tak Layak Huni

2. Turut dilakukan perbaikan drainase

Perbaikan Jalan di Ruas Selatan Jateng Menggunakan Aspal KaretAntara Foto

Sebagian ruas jalan yang telah dilakukan preservasi telah dilengkapi lampu penerangan menggunakan tenaga surya atau solar cell. Lampu tersebut dipasang pada ruas yang melintasi wilayah kabupaten/kota dan titik-titik yang rawan kecelakaan.

Proyek preservasi tersebut juga dibarengi dengan perbaikan drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase lingkungan setempat. Hal itu sangat penting karena untuk mengurangi risiko terjadinya genangan, agar pengendara tidak terganggu.

3. Preservasi menggunakan aspal karet

Perbaikan Jalan di Ruas Selatan Jateng Menggunakan Aspal Karettwitter.com/KemenPU

Proyek preservasi jalan kali ini menggunakan aspal karet, bukan aspal biasa. Aspal karet dipilih karena bisa meningkatkan kualitas perkerasan aspal.

"Jadi bisa memperpanjang usia layanan dan ketahanan jalan jadi lebih terjamin," demikian sebagaimana ditulis dalam akun resmi Twitter Kementerian PUPR, Rabu (4/9).

4. Aspal tidak membekas

Perbaikan Jalan di Ruas Selatan Jateng Menggunakan Aspal KaretIDN Times/Alfi Ramadana

Kelebihan lain adalah jejak roda kendaraan saat melintas di jalan tersebut tidak mudah membekas pada aspal karet meski aspal berada dalam kondisi basah.

Di sisi lain, penggunaan aspal karet juga membantu kesejahteraan petani karet di Indonesia, karena hasil bumi yang mereka kelola dibeli dalam jumlah besar dan harga yang layak.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini Konsep Infrastruktur Kementerian PUPR

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya