Comscore Tracker

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!

Enak semua lho, lur!

Temanggung adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik dan menyenangkan. Kamu bisa menemukan banyak wisata alam yang asri, wisata kuliner, dan tidak sedikit produk budaya Temanggung bikin tertarik.

Jika berlibur ke Temanggung, jangan lupa bawa oleh-oleh khasnya. Temanggung punya banyak oleh-oleh khas. Inilah daftar 9 oleh-oleh khas Temanggung yang wajib kamu bawa kalau mam[pir atau lewat daerah tersebut. 

1. Ndas Borok

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!instagram.com/temanggung_explore

Jangan tertipu dengan namanya. Meskipun namanya terdengar vulgar dan menakutkan, tetapi rasanya sangat lezat. Makanan khas Temanggung ini punya cita rasa yang nikmat. Makanan ini terbuat dari bahan dasar singkong, kelapa parut dan gula merah cair.

Makanan ini bisa mengenyangkan perutmu. Selain mudah ditemukan, Ndas Borok menjadi hal wajib untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Temanggung.

2. Balung Kuwuk

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!instgaram.com/dianandariskia

Balung Kuwuk adalah sejenis keripik yang terbuat dari singkong atau ketela pohon yang diiris-iris, lalu kemudian digoreng. Namun ketela pohon atau singkong yang diiris tidak langsung digoreng.

Sebelumnya, singkong dijemur sampai kering. Kemudian singkong diberi bumbu khusus agar raanya gurih dan renyah. Harganya terjangkau. Jai kamu tidak perlu ragu untuk membelinya dan menjadikan Balung Kuwuk sebagai oleh-oleh.

3. Tiwul

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!Tiwul (instagram.com/dhora_kusumadewi)

Kalau berkunjung ke Jawa Tengah, tiwul adalah makanan khas yang lumrah. Di Temanggung, kamu juga bisa menjumpai pedagang yang menjual tiwul. Ini adalah makanan tradisional Jawa yang masih eksis di Indonesia.

Bahan utamanya singkong atau tepung gaplek. Teksturnya agak kenyal dan sedikit gurih. Tiwul adalah makanan wajib untuk dijadikan oleh-oleh dari Temanggung.

4. Bajingan

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Jangan marah ketika mendengar kata bajingan saat mencari oleh-oleh di Temanggung. Sebab ada makanan tradisional di Temanggung yang bernama Bajingan. Ini juga makanan khas Temanggung yang terbuat dari singkong.

Singkong dipotong kecil-kecil, lalu direbus. Setelah itu, potongan singkong rebus diberi cairan gula merah. Rasanya manis dan mantap.

Baca Juga: Resep Masak Mie Ongklok Khas Wonosobo yang Gurih dan Kuah Kental

5. Mendut

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!instagram.com/ayudiahrespatih

Kalau ke Temanggung, jangan lupa buat ngemil kudapan khasnya yang berbahan dasar beras ketan yakni mendut. Ingat, ini bukan nama candi tetapi nama makanan. Makanan khas Temanggung ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Rasa manis dari gula merah sebagai isiannya dan tekstur kenyalnya membuat kamu ketagihan saat memakannya.

6. Entho Chotot

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!Instagram.com/Foodpacker.id

Kalau ke Temanggung, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi Entho Chotot. Makanan ringan berbahan dasar singkong ini digoreng dan diisi cairan gula pasir. Rasanya dijamin nikmat.

Kamu bisa menjumpai makanan khas Temanggung ini dengan mudah. Pastinya cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

7. Lethok

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!Instagram.com/arinverdani

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, lethok merupakan makanan olahan singkong khas Temanggung yang wajib dijadikan oleh-oleh.

Lethok mirip perkedel, tetapi tetap tidak sama.

8. Jadah

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!instagram.com/numpangsaveresep.id

Jadah memang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dari Temanggung. Makanan dari bahan beras ketan ini simpel tetapi rasanya nikmat. Orang-orang ketagihan ketika menyantapnya.

Untuk merasakan sensasi berbeda, kamu bisa mencoba untuk memakan jadah goreng. Di daerah lain, jadah memiliki sebutan yang berbeda.

9. Gesing

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!instagram.com/dapoersikoko

Kue tradisional asal Temanggung ini bisa dengan mudah dijumpai di pasar-pasar Temanggung. Rasanya manis, gurih dan segar.

Kue ini adalah makanan bersantan dan nikmat, cocok pula untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Itulah 9 menu oleh-oleh khas Temanggung yang bisa dibawa ke rumah. Jika tidak semuanya, kamu bisa membawanya beberapa. Yang mudah busuk, bisa kamu jadikan sebagai kudapan saat perjalanan. Yuk!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Kafe di Batang, Dari yang Unik hingga Bisa Lihat Senja

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya