Comscore Tracker

3 Cara Jitu Hilangkan Bau Amis di Masakan Lobster, Cobain Yuk!

Buruan cicipi masakan lobster di Afterbreak Semarang

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor lobster terbesar di dunia. Habitat lobster bisa ditemukan dengan gampang dari ujung Pulau Sumatera sampai Papua.

Tak ayal, lobster pun memiliki nilai ekspor yang tinggi, bahkan telah menjadi primadona di luar negeri. Namun, sebagian dari kita tentunya masih sering kerepotan saat akan mengolah lobster menjadi sebuah masakan yang lezat. 

Nah, salah satu resto seafood di Jalan Menoreh Raya No 81 Sampangan, Semarang Afterbreak berbagi tips cara memasak lobster yang mudah dilakukan di rumah. 

1. Cuci lobster sampai bersih dan belah dua bagian

3 Cara Jitu Hilangkan Bau Amis di Masakan Lobster, Cobain Yuk!foodnetwork.ca

Pemilik Afterbreak, Hella Ayu berkata, ada banyak cara memasak lobster biar gak berasa bau amis. Setidaknya ada tiga cara yang bisa dipraktekin di rumah.

"Langkah pertama lobster yang telah dicuci dan dibelah dua (boleh belah setengah, boleh juga belah sampai putus jadi 2 bagian) kemudian direbus dalam air yang telah mendidih," kata Hella kepada IDN Times, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga: 5 Cafe di Klaten yang Instagrammable, Tempat Ngopi yang Cozy Abis! 

2. Rebus lobster di dalam air mendidih seperti kaldu

3 Cara Jitu Hilangkan Bau Amis di Masakan Lobster, Cobain Yuk!pexels.com/Karolina Grabowska

Cara berikutnya yakni air yang mendidih sebelumnya lalu diberi beberapa sayuran seperti wortel, daun bawang, sereh sehingga air rebusan ini mirip seperti membuat kaldu. 

"Proses perebusan ini cukup sebentar saja sampai si lobster berwarna oranye. Sayuran yang berada di dalam kuah mendidih akan membuat daging lobster lebih sedap dan memiliki karakter rasa yang kuat tapi tidak bau amis," jelasnya. 

3. Masak lobster dengan kematangan yang sempurna

3 Cara Jitu Hilangkan Bau Amis di Masakan Lobster, Cobain Yuk!Ilustrasi merajang bumbu lobster. unplash.com/Alyson McPhee

Untuk langkah terakhir, angkat lobster dan siap dimasukkan kedalam kuah masakan. Misalnya kuah saus padang atau kuah asam manis.

Untuk resep masakannya sendiri bisa mencari referensi sesuai dengan selera. Kemudian lobster yang sudah setengah matang ini ke dalam saus yang sudah mendidih dan tunggu sampai matang sempurna.

"Tapi jangan sampai overcook ya," ujarnya. 

4. Afterbreak sediakan ragam menu olahan lobster

3 Cara Jitu Hilangkan Bau Amis di Masakan Lobster, Cobain Yuk!ilustrasi lobster (pixabay.com/mp1746)

Afterbreak merupakan restoran seafood yang sudah berdiri sejak 2016. Semula, Hella bersama suami tercintanya, Moh Dani mengubah sebuah garasi di rumahnya kawasan Kaliwungu, Kendal menjadi warung yang menjual aneka masakan berbahan baku lobster.

Selama ini, bahan baku lobster didapat dari mitra supplier Aruna sebagai pengekspor lobster terbesar. Tak lama kemudian, Hella dan suaminya melebarkan sayap dengan membuka cabangnya di Jalan Menoreh, Sampangan dengan menyasar segmen pasar kalangan keluarga dan para mahasiswa setempat.

"Kita punya sejumlah menu yang jadi favorit mahasiswa dan rombongan keluarga di Semarang. Terutama banyak yang pesan lobster premium saus padang. Sehari kita bisa melayani 30 porsi. Sedangkan menu lainnya yang ada di Afterbreak Semarang mulai dari lobster combo saus nelayan, lobster sambal pete, ceabs and clams, rajungan krispi dan gulai rajungan," ucap Dani. 

Ragam masakan lobster tersebut dibanderol mulai harga Rp100 ribuan dengan porsi jumbo. Jadi buat pecinta seafood, buruan menyempatkan waktunya makan lobster dan aneka seafood unik naneksotis di Afterbreak Semarang.

Baca Juga: Resep, 3 Cara Membuat Pentol Kuah Khas Karanganyar, Hemat nan Lezat 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya