Comscore Tracker

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! 

Setiap makanan ini memiliki ciri khas yang berbeda

Blora terkenal sebagai kota penghasil kayu jati, tidak kalah dengan makanannya ternyata Blora memiliki makanan khas yang unik dan lezat seperti soto klethuk, lontong tahu dan lontong sayur, pecel pincuk hingga manco blora. Yuk disimak makanan khas Blora berikut ini.

Baca Juga: 10 Cafe dan Tempat Nongkrong di Blora yang Hits Abis 

1. Soto Klethuk

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! instagram.com/makandiblora

Soto klethuk merupakan makanan khas Blora yang sama dengan  soto pada umumnya. Klethuk terbuat dari bahan dasar singkong yang diotong kecil-kecil kemudian digoreng hingga warna coklat keemasan. Kuah dari soto klethuk bening dengan cita rasa yang gurih.
 
Bahan yang digunakan dalam soto ini adalah suwiran ayam atau kambing, irisan daun kucai, mie shoun dan tauge.

2. Lontong Tahu dan Lontong Sayur

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! masakandapurku

Di blora, terdapat sajian yang menggunakan lontong yaitu lontong tahu dan lontog sayur. Lontong sayur menggunakan beberapa campuran dalam pembuatannya seperti tauge, lontong dan bumbu kacang.
 
Lontong tahu dibuat dengan campuran telor setelah itu digoreng dan disajikan di atas daun jati sehingga aromanya semakin harum dan terasa lebih nikmat. Untuk lontong sayur disajikan kuah lodeh, perkedel, telur puyuh dan gorengan

3. Pecel Pincuk

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! travel.kompas

Pecel pincuk merupakan makanan khas Blora yang disajikan dengan sayuran taoge, daun ketela, cager tahu yang dibumbui dengan bumbu kacang dan cabai keriting.

Sebagai pelengkap bisa di campuri dengan lauknya seperti telur dadar, tempe goreng, sate ayam, sate telor atau lauk lainnya. Pincuk merupakan daun yang berbentuk kerucut melebar.

4. Sego Kobong

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! inibaru

Sego kobong memiliki arti yaitu nasi bakar, nasi bakar ini dibungkus dengan daun pisang dengan lauk yang digunakan berupa suwiran ayam, jamur, udang dan cumi tinggal disesuaikan dengan selera kamu masing-masing.

5. Opor Ayam Blora

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! putratravel

Opor ayam Blora ini wajib banget kamu coba saat kamu berkunjung ke Blora, cita rasanya sangat lezat, gurih dan dijamin kamu akan ketagihan untuk mencobanya lagi.

Opor ini di memiliki kuah berwarna kuning yang dicampurkan santan dan dibumbui dengan berbagai rempah-rempah yang membuat opor ayam ini jauh lebih enak dan gurih, opor ini bisa kamu sajikan dengan sepiring nasi hangat.

6. Sate Khas Blora

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! travel.kompas

Setiap daerah memang memiliki sate yang cita rasanya berbeda-beda seperti di Blora ini, kamu bisa menemukan berbagai makanan yang diolah menjadi sate.

Sate ini menggunakan daging yang lumuri dengan bumbu kacang khas Blora. Sate ini disajikan dengan di tumpuk sesuai dengan system pembayarannya dimana sate ini akan menjadi bukti berapa tusu sate yang kamu makan. Cukup menarik sekali ya.

7. Tape Sugihan Khas Blora

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! putratravel

Beralih ke makanan ringan, Blora memiliki makanan khas yang diolah dari bahan dasar tape. Banyak masyarakat setempat yang menjadikan pembuatan tape sebagai pekerjaan sehari-hari. Tape memiliki banyak manfaat seperti melancarkan system pencernaan, dan mencegah kanker usus besar.

Tape dibuat dengan cara fermentasi hingga menghasilkan aroma yang lezat, waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan tape kurang lebih 51 jam.

8. Ungker

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! food.detik

Makanan yang satu ini memang sangat ekstrem dan berbeda dengan makanan lainnya, ungker biasa disajikan di awal musim hujan karena ungker hanya muncul saat perubahan musim dari kemarau ke penghujan.
 
Di sepanjang jalan Blora, banyak sekali pedagang yang menjual ungker dalam keadan mentah hanya dibungkus sehelas daun jati. Biasanya ungker di olah dengan di oseng-oseng  dengan bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat.

9. Dumbeg Blora

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! foodnesia

Dumbeg merupakan makanan tradisional khas Blora yang berbahan dasar tepung beras, gula aren dan garam.

Dumbeg dibungkus dengan janur yang di bentuk seperti terompet. Makanan ini memiliki cita rasa yang unik, kamu bisa membelinya di jajanan pasar tradisional dna bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Blora.

10. Manco Blora

10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! m.diadona

Manco adalah makanan khas Blora yang berbahan dari tepung ketan yang dibaluri wijen, cita rasanya sangat enak dan gurih.

Makanan ini biasanya disajikan saat acara pernikahan atau kamu bisa menemukan ditempat oleh-oleh. Tekstur dari kue ini adalah renyah, harganya yang terjangkau dan rasa yang nikmat makan manco biasa dijadikan sebagai oleh-oleh.

itulah beberapa makanan khas Blora yang unik dan tentunya rasa yang nikmat, jika kmau berkunjung ke Blora jangan lupa untuk mencobanya ya, di jamin kamu akan ketagihan!

Baca Juga: 9 Makanan Khas Blora yang Menggugah Selera, Dijamin Bikin Ngiler!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya