Comscore Tracker

Resep Samosa yang Simpel, Gorengan khas Asia Selatan Isi Daging Sapi

Renyah di luar, juicy di dalam!

Siapa yang pernah mencoba gorengan bentuk segitiga yang biasanya berisi daging sapi giling? Ya, itu merupakan samosa yang merupakan kuliner khas Asia Selatan, khususnya India tapi populer di Indonesia.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba kudapan tersebut, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah! Caranya kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti di bawah ini dan mengikuti langkah demi langkahnya. Bagaimana, siap? Inilah resep samosa khas Asia Selatan.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Samosa yang Simpel, Gorengan khas Asia Selatan Isi Daging Sapiilustrasi daging sapi (freepik.com/mdjaff)

Bahan-bahan:

  • Kulit pangsit secukupnya
  • 300 gram daging sapi
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 batang daun ketumbar
  • 1 buah kentang, kupas, potong dadu
  • 2 sdt kalau bubuk sapi
  • 2 sdm minyak wijen
  • 3 buah cabai merah, iris halus
  • 2 sdm kari bubuk
  • 1 sdt merica hitam bubuk
  • Minyak goreng secukupnya.

2. Giling daging sapi

Resep Samosa yang Simpel, Gorengan khas Asia Selatan Isi Daging Sapiilustrasi menggiling daging (youtube.com/ Gila Eksperimen)

Pilihlah daging sapi yang masih segar supaya lebih lezat ketika diolah nanti. Ciri-ciri daging sapi segar bisa dilihat dari warnanya yang cukup merah.

Jika sudah dapat daging yang diinginkan, giling daging menggunakan mesin atau cara manual. Apabila daging sapi sudah halus, sisihkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Resep Cumi Bakar yang Lezat dan Menggugah Selera, Dijamin Anti Alot!

3. Masak isian samosa

Resep Samosa yang Simpel, Gorengan khas Asia Selatan Isi Daging Sapimemasak daging cincang (YouTube.com/Ceceromed Kitchen)

Panaskan secukupnya minyak wijen, kemudian masukan bawang bombay. Tumis sampai harum lalu tambahkan daging giling ke dalamnya. Aduk-aduk sebentar.

Potong-potong kentang dengan bentuk dadu. Masukan ke dalam masakan. Jangan lupa beri kaldu bubuk sapi, daun ketumbar, kari bubuk, merica hitam bubuk, serta irisan cabai merah. Masak sambil diaduk hingga daging matang!

4. Buat segitiga samosa

Resep Samosa yang Simpel, Gorengan khas Asia Selatan Isi Daging Sapiilustrasi membuat samosa (YouTube.com/Ceceromed Kitchen)

Ambil satu lembar kulit pangsit. Taruh isian samosa yang sudah dimasak sebelumnya tepat di atas kulit pangsit. Lipat kulit pangsit membentuk amplop atau segitiga.

Beri sedikit air pada ujung kulit pangsit untuk merekatkannya agar tidak mudah lepas. Ulangi sampai semua bahan isian samosa habis.

5. Goreng samosa

Resep Samosa yang Simpel, Gorengan khas Asia Selatan Isi Daging Sapiilustrasi samosa (instagram.com/homeofswitzindia)

Tuangkan secukupnya minyak goreng ke dalam wajan. Nyalakan kompor dan tunggu hingga panas. Goreng samosa dengan minyak panas sampai berubah warna menjadi kuning kecokelatan.

Angkat dan tiriskan apabila samosa sudah matang. Sajikan gorengan khas Asia Selatan ini dengan saus sambal atau cabai rawit.

Samosa sangat cocok disajikan saat ada acara-acara penting maupun sebagai camilan teman ngopi. Yang jelas, membuat gorengan satu ini tidak sesulit yang kamu bayangkan. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: Resep Bika Singkong Rasa Premium, Nikmatnya Bikin Nagih!

Dimas Hutama Photo Community Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya