Comscore Tracker

4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Membeli Obat lewat Online, Awas!

Banyak yang gak ngeh, nih

Pandemik COVID-19 belum usai di Indonesia. Meski demikian, kasus positifnya mulai melanda. Kondisi tersebut membawa kebiaasaan normal baru (new normal) di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah layanan telemedis (telemedicine) yang makin familiar buat mereka.

Banyak perusahaan rintisan yang menyediakan jasa konsultasi dokter online hingga pembelian obat dengan resep secara online. Tujuannya tak lain untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan.

Nah, sebelum membeli obat secara online melalui layanan telemedis, ada 4 hal yang perlu kamu perhatikan supaya terhindar dari oknum yang tidak bertanggung jawab dan juga kesalahan ketika dikonsumsi. Apa saja itu? Simak lengkapnya berikut ini.

1. Beli dari aplikasi atau laman yang terpercaya

4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Membeli Obat lewat Online, Awas!Ilustrasi harga obat. (IDN Times/Mardya Shakti)

Akses internet yang luas membuat semua orang dapat melakukan jual-beli, termasuk jual-beli obat. Untuk itu, hal penting utama yang perlu diperhatikan adalah izin usaha penjual tersebut dalam mengedarkan obat.

Jangan membeli obat dari individu karena individu dilarang menjual obat secara
online. Obat-obatan yang dijual di website tanpa kewenangan pun merupakan salah satu praktik penjualan yang ilegal.

Salah satunya kamu bisa membeli melalui Lifepack, yang sudah mengantongi izin Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan menjadi mitra resmi dari Kemenkes serta BNPB Indonesia untuk penanganan COVID-19.

2. Cek izin edar obat

4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Membeli Obat lewat Online, Awas!pexels.com/@karolina-grabowska

Bagi pasien penyakit kronis, kehadiran platform online merupakan hal yang sangat memudahkan mereka untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan tanpa harus ke luar rumah. Tapi, perlu diperhatikan agar tidak sembarangan membeli obat resep dengan memerhatikan izin edar obat.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara online dengan puluhan dokter terpercaya di Lifepack agar bisa mendapat resep obat yang sesuai.

3. Perhatikan cara pengiriman obat

4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Membeli Obat lewat Online, Awas!ilustrasi obat-obatan (IDN Times/Aditya Pratama)

Ada beberapa obat yang membutuhkan cara penyimpanan khusus, seperti harus diletakkan di dalam suhu dingin. Oleh karena itu, dalam membeli obat tertentu, sistem pengantarannya pun harus bisa dipertanggungjawabkan.

Salah satu opsi yang dapat kamu pilih diantaranya dengan memanfaatkan layanan
pengantaran seperti di Lifepack yang menyediakan obat secara langsung dan cepat sehingga kamu bisa mendapatkan obat dalam waktu maksimal empat jam.

4. Pastikan cara pembayaran aman

4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Membeli Obat lewat Online, Awas!ilustrasi pembayaran (unsplash.com/Mika Baumeister)

Umumnya, apotek online yang terpercaya menyediakan berbagai jenis metode pembayaran sehingga pengguna dapat lebih nyaman dan aman dalam bertransaksi.

Cek kembali nomor rekening yang terdaftar dan hindari transfer ke nomor rekening atas nama pribadi.

Itulah empat hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli obat online agar kamu tak perlu merasa khawatir. Tetap waspada dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya