Comscore Tracker

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarah

Bagai karma kematian peserta ternyata telah diramalkan

Squid Game menjadi salah satu serial yang menuai pujian dan banyak ditonton. Serial Netflix ini berhasil menduduki perigkat pertama di Netflix seluruh negara kecuali di India.

Banyak potongan adegan yang menyebar luas di internet sehingga mereka yang tidak menontonnya pun tetap terkena demam Squid Game.

Kepopuleran serial yang bercerita tentang survival game ini juga memunculkan teori tentang kelanjutan dari serial perlombaan yang mempertaruhkan nyawa tersebut.

Beberapa teori tersebut sudah terjawab oleh sang sutradara. Berikut deretan teori Squid Game yang mencengangkan mulai dari yang sudah terjawab hingga yang masih diterka.

1. Warna merah dan biru Ddakji ternyata diangkat dari legenda urban di Jepang dan Korea

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam SedarahGong Yoo di Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Teori pertama yang populer yakni teori ddakji. Dalam adegan Gi Hun saat bermain ddakji, awalnya ia ditawari untuk memilih antara ddakji biru atau merah dan Gi Hun memilih biru. Lalu Gi Hun pun direkrut oleh salesman (Gong Yoo) yang mengajaknya bermain ddakji untuk menjadi peserta perlombaan mendapatkan uang tunai dengan nilai fantastis.

Para penggemar berspekulasi soal warna merah dan biru ddakji tersebut. Ada yang mempercayai jika memilih ddakji biru direkrut sebagai peserta permainan, sedangkan ddakji merah si pemilih bakal direkrut sebagai anggota staf permainan.

Namun hal tersebut dibantah oleh Hwang Dong Hyuk sang sutradara. Ternyata ddakji tersebut terhubung dengan legenda urban. Di Jepang dan Korea, sebuah cerita hantu berbicara tentang roh bertopeng yang muncul di kamar mandi dan menawarkan penghuni pilihan kertas toilet merah atau biru. Menurut legenda urban tersebut, tidak peduli pilihan mana yang akan pilih, hantu itu akan tetap membunuhmu.

2. Penampilan rambut merah Gi Hun di episode terakhir, sebagai lambang kemarahan

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarahhttps://www.instagram.com

Di episode akhir Squid Game terlihat tokoh utama sang pemenang Squid Game Gi Hun mengubah penampilannya dengan warna rambut merah.

Teori muncul di mana warna tersebut melambangkan si Salesman yang mengajaknya bermain, dengan pertumpahan darah dan sebagai simbol balas dendamnya.

Aktor pemeran Seong Gi Hun, Lee Jung Jae mengatakan rambut merah tersebut menandakan perubahan Gi Hun yang telah melampaui batasnya. Sang sutradara sendiri juga mengatakan bahwa penonton ternyata lebih kreatif dari dirinya.

Hwang Dong Hyuk memberi jawaban atas teori tersebut, kenyataan warna rambut tersebut merupakan ide yang datang dari dirinya. Seorang seperti Gi Hun yang telah melewati permainan mematikan Squid Game tentu tidak akan sama lagi dengan hidupnya sebelum permainan. Itulah yang membuat dirinya ingin mengubah penampilan. Warna merah sendiri dikatakan sebagai lambang kemarahan.

3. Penonton percaya Seong Gi Hun merupakan anak kandung Oh Il Nam

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarahcuplikan adegan squid game episode 6 (dok. Netflix/Squid Game)

Para penonton Squid Game juga percaya adanya teori spekulasi bahwa peserta paling tua yang juga nomor 001, Oh Il Nam (Oh Young Soo) merupakan ayah biologis dari peserta Seong Gi Hun (Lee Jung Jae) yakni peserta terakhir yang bernomor 456 (Lee Jung Jae).

Ini bermula dari sebuah scene di mana Oh Il Nam tidak sengaja mendengar bahwa Gi Hun khawatir saat minum susu biasa. Ia mengatakan bahwa ia punya masalah perut, Il Nam pun menebak bahwa Gi Hun sering kali dipukul dan itu benar.

Il Nam pun bercerita tentang anak lelakinya yang memiliki kondisi yang sama seperti Gi Hun. "Bukti" lainnya yakni saat Seong Gi Hun dan Oh Il Nam punya kesamaan pernah tumbuh di lingkungan serupa. Karena Oh Il Nam adalah seseorang di balik Squid Game, banyak yang berasumsi bahwa mereka tumbuh di tempat sama lalu diproyeksikan dalam permainan. Bahkan Seong Gi Hun merasa bahwa diri mereka mirip.

Lagi-lagi salah, sutradara Dong Hyuk Kembali membantah dan menegaskan bahwa Oh Il Nam bukanlah ayah Seong Gi Hun.

4. Identitas staff merupakan para penjahat yang butuh perlindungan

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarahpara peserta dan penyelenggara Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Beredar beberapa spekulasi tentang identitas para penjaga berpakaian merah ini. Ada yang mengatakan bahwa mereka adalah peserta yang lolos dari game sebelumnya. Ada pula yang mengatakan bahwa para pekerja ini merupakan mantan peserta yang memutuskan untuk tidak kembali bermain sejak mereka dipulangkan pada game awal.

Spekulasi terakhir adalah, penjaga merupakan penjahat atau narapidana. Meskipun tidak ada adegan atau kejadian tertentu yang mendukung teori ini, pemirsa berspekulasi bahwa penjaga bekerja untuk hadiah tertentu, seperti mengapa para pemain memainkan permainan. Dan karena permainannya sangat rahasia, para penjaga bisa saja buronan penjahat atau narapidana yang membutuhkan perlindungan, waktu, atau uang.

5. Ayah tiri putri Gi Hun disebut merupakan operator permainan Squid Game di Amerika

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarahcuplikan drama Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Ketika Gi Hun pergi mengunjungi putrinya, Seong Ga Yeong, ayah tiri dari putrinya itu mengatakan kepadanya bahwa keluarganya akan segera pindah ke Amerika.

Penonton pun melibatkan perkataan tersebut dengan Front Man yang selalu berbicara Bahasa Inggris di telepon. Penggemar pun berteori bahwa ayah tiri Ga Yeong memiliki hubungan dengan permainan. Mungkin dia yang menjalankan game di Amerika?

6. Polisi adik front man sebenarnya tidak mati dan diselamatkan oleh sang kakak

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarahthegioididong.com

Polisi Wi Ha Joon yang menarik hati dan perhatian pemirsa pun tak luput dari teori. Kematiannya dirasa tidak adil dibandingkan dengan perjuangan yang dia lalui dalam permainan berserta semua informasi yang ia pelajari.

Melihat kesedihan Front Man tentang kematian saudaranya, pemirsa hanya bisa berharap bahwa dia menyelamatkan saudaranya di balik layar. Tapi sekali lagi, kematiannya juga bisa menjadi representasi dari upaya yang gagal untuk mengekspos permainan, menyiratkan bahwa permainan adalah siklus tanpa akhir.

7. Gong Yoo sang salesman sebenarnya anak dari pemilik game dan akan melanjutkannya

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam SedarahGong Yoo di Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Mengingat Gong Yoo adalah cameo yang memiliki nama besar, penonton mengatakan bahwa tidak mungkin dia hanya diberi peran sebagai salesman. Dia bisa memainkan peran yang lebih penting dalam gambaran yang lebih luas, seperti menjadi anak pria tua si pemilik permainan yang akan melanjutkan permainan.

Cukup masuk akal memang mengingat salesman adalah orang yang merekrut semua orang untuk setiap game dan sudah memainkan peran besar dalam melanjutkan game.

8. Penonton percaya Oh Il Nam mengatur permainan untuk menemukan putranya

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarahcuplikan adegan squid game (dok. Netflix/Squid Game)

Teori satu ini memang seperti dibuat-buat dan cukup berbanding dengan teori sebelumnya, tapi tak ada salahnya karena semua orang bisa berimajinasi dan mungkin benar. Pada akhir musim, pemirsa tahu bahwa lelaki tua itu kesepian dan tidak ada orang yang bisa dihubungi, bahkan jika dia punya banyak uang.

Namun, ia mengenang putranya, seperti yang ditunjukkan dalam adegan ketika si peserta 001 ini mengatakan bahwa putranya sering dipukul karena kenakalan ketika dia masih muda pada Gi Hun.

Karena lelaki tua itu memiliki semua uang ini dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengannya, dia mungkin telah menciptakan permainan untuk menemukan putranya yang berpotensi hilang.

9. VIP yang muncul menyaksikan permainan merupakan pemenang game sebelumnya

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam SedarahStill Cut drama Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Para VIP yang muncul dalam permainan jelas tahu banyak tentang permainan itu, dan semuanya tampak sama bersemangatnya untuk mereka. Kegembiraan ini bisa berasal dari perasaan yang pernah mereka miliki saat mereka berada dalam permainan itu sendiri.
Karena mereka tahu perasaan berada dalam permainan dan keluar sebagai pemenang, mereka bersemangat untuk melihat bagaimana setiap pemain tampil dalam permainan.

Dalam teori lainnya menyebut, bahwa VIP sendiri adalah simbol dari para pemirsa sendiri yang 'berlangganan atau membeli' layanan platform streaming (yang dalam hal ini Netflix) untuk melihat kematian sebagai tontonan.

10. Bagai karma, kematian para peserta telah diramalkan

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarahpotret Park Hae Soo cuplikan drama Squid Game (youtube.com/The Swoon)

Teori kembali muncul seusai tamatnya serial, ketika beberapa kematian peserta seperti sudah diramalkan pada episode-episode awal permainan. Contohnya adalah Sang Woo, dia bunuh diri di akhir permainan, seperti pada rencananya saat ia berpakaian rapi dan memutuskan untuk melakukan bunuh diri di awal episode.

Gangster Jang Deok Su meninggal setelah jatuh dalam permainan Jembatan Kaca, begitulah cara dia melarikan diri dari orang-orang yang mengejarnya ketika ia ingin terjun dari jembatan.

Sae Byeok digorok lehernya di pertandingan terakhir, begitulah cara dia mengancam penipu yang mengambil uangnya. Serta kematian Ali, terjadi karena Sang Woo mencuri kelerengnya, seperti halnya Ali mencuri uang bosnya.

11. Makna tiga warna utama di Squid Game

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarahthegioididong.com

Ada beberapa warna mencolok di serial ini, di mana beberapa ditonjolkan dalam kostumnya. Menurut Redditor, ModestyGideon, warna-warna ini tidak dipilih secara acak dan mewakili pilihan dan peran karakter dalam kompetisi.

Sebuah unggahan pengguna di media sosial menunjukkan diagram Venn yang menampilkan tiga warna utama — magenta, cyan, dan kuning. Teori mengklaim bahwa warna cyan mewakili orang-orang di serial itu, magenta terkait dengan sistem, dan kuning berarti uang.

Sisa gambar memberikan contoh kombinasi warna, seperti bagaimana ketika Cyan (orang) mengejar Kuning (uang), menjadi Hijau (pemain). Bagian yang paling menarik dari unggahan tersebut adalah kesimpulannya yang mengatakan bahwa Front Man memiliki semua warna, karena dia adalah orang (cyan) yang berubah menjadi pemain (hijau) dan mendapat uang (kuning) — inilah mengapa pakaiannya berwarna hitam.

12. Nomor Gi Hun dan Il Nam memiliki simbol

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam SedarahCuplikan permainan kelereng di serial Squid Game (youtube.com/Cinema Summary)

Seorang Redditor, 7DSPride, mengawali teorinya dengan mengatakan nomor kedua peserta ini adalah simbolis. Mereka berpikir bahwa Gi-hun mewakili akhir permainan sebagai institusi yang sudah berjalan lama, karena dia adalah pemain terakhir yang mendapatkan nomor terakhir, 456.

Di sisi lain, Il-nam yang bernomor 001, mewakili (awal) permainan. Ini muncul karena 'pesan' tersirat di bagian akhir bahwa Gi-hun akan menemukan jalan kembali ke permainan untuk mengakhiri kompetisi yang kacau. Jika serial ini mendapatkan musim kedua, para penggemar mengharapkan jawaban apakah teori ini benar atau tidak.

13. Boneka lampu merah lampu hijau mirip tokoh kartun

13 Teori Mencengangkan Squid Game, Gi Hun dan Oh Il Nam Sedarahcuplikan game Lampu Merah Lampu Hijau di serial Squid Game (dok. Netflix/Squid Game)

Salah satu ikonik serial Squid Game adalah boneka mematikan dalam permainan lampu merah lampu hijau. Dalam sebuah unggahan, seorang penggemar membagikan teori yang dirangkumnya tentang Squid Game salah satunya terkait boneka ini. Dalam unggahan tersebut tertulis bahwa boneka seram itu mirip dengan tokoh kartun seorang gadis di film My Neighbor Totoro.

Nah itulah teori-teori penonton Squid Game yang ternyata kreatif banget. Bahkan menurut sang sutradara penonton lebih kreatif nih. Beberapa diantaranya bahkan mencengangkan ya guys. Nah menurut kalian gimana? apakah kalian punya teori lainnya? tuliskan di kolom komentar ya.

Artikel ini sudah pernah tayang di laman Popbela.com dengan judul "14 Teori Penonton Serial 'Squid Game', Ada yang Sudah Terjawab!" ditulis oleh Natasha Cecilia Anandita.

Baca Juga: 9 Misteri di Squid Game yang Belum Terpecahkan, Tanda-tanda ada Sekuel

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya