Comscore Tracker

Penuh Misteri, 7 Drama Korea yang Dibalut Dengan Nuansa Kelam

Bikin ga bisa tidur nyenyak

Tak selamanya drama korea atau KDrama dibalut dengan nuansa ceria, penuh canda tawa serta romansa. Ada kalanya KDrama menghadirkan suasana kelam dan mencekam yang akan membuat penontonnya merinding ketakutan hingga susah tidur.

KDrama semacam ini memang jarang dijumpai, karena memiliki kisah yang lumayan rumit ketimbang KDrama pada umunya.

Tapi percayalah, KDrama dengan nuansa kelam bikin penasaran dengan ceritanya. Penasaran apa saja, yuk simak di bawah ini dalam tujuh drama korea yang dibalut dengan nuansa kelam.

Baca Juga: 5 Film Horor Tentang Rumah Berhantu, Terinspirasi dari Kisah Nyata

1. D.P (2021)

https://www.youtube.com/embed/3ArkoIHo7lE

D.P. adalah KDrama orisinil terbaru buatan Netflix yang diangkat berdasarkan sebuah webtoon berjudul sama yang ditulis oleh penulis Kim Bo tong.

KDrama ini mengisahkan seorang prajurit muda yang ditugaskan untuk menangkap seorang tentara yang membelot dan mengungkapkan penyiksaan serta kekerasan yang dialami oleh para tamtama.

Ahn Joon Ho adalah seorang tentara yang terampil dan pekerja keras, ia ditugaskan ke unit Deserter Pursuit (DP) di Angkatan Darat.

Joon Ho ditugaskan untuk menangkap seorang desertir dan harus berhadapan dengan kasus-kasus meresahkan yang membuat banyak tentara memilih AWOL (Absent WithOut Leave).

2. Extracurricular (2020)

https://www.youtube.com/embed/AV29rEuiYdo

Oh Ji Soo (Kim Dong Hee) adalah siswa teladan dan menjadi panutan bagi teman-teman sekelasnya. Ji Soo memiliki sifat pemalu, namun dibalik sikap yang pemalunya, Ji Soo sebenarnya adalah orang di balik kegiatan kriminal yang menyeramkan.

Ji Soo melakukan hal ini untuk mendapatkan uang demi biaya hidupnya dan menabung untuk biaya kuliahnya kelak.

Awalnya aksi kejahatan yang dilakukan oleh Ji Soo berjalan lancar tanpa diketahui oleh siapapun. Semuanya berubah saat teman sekelasnya bernama Gyoo Ri dan Min Hee mengetahui aksinya. Tak bisa mundur, mereka berdua akhirnya juga ikut dalam aksi kriminal yang dilakukan Ji Soo.

3. Mouse (2021)

https://www.youtube.com/embed/9-0GLwf5JA4

Mouse merupakan salah satu KDrama yang mencuri perhatian pada awal 2021 lalu. KDrama ini memiliki sebuah pertanyaan misterius yakni 'bisakah mendeteksi perilaku psikopat sejak anak berada di dalam rahim ibunya melalui pengujian genetik janin dan jika anak dalam perut ibunya adalah seorang psikopat, apakah anak itu akan dilahirkan?'.

Seorang polisi bernama Jung Ba Reum (Lee Seung Gi) bertemu langsung dengan seorang pembunuh berantai psikopat yang telah membuat ketakutan dan kekacauan di seluruh Korea Selatan. Pertemuan ini bisa saja mengubah hidup Ba Reum.

Ba Reum dan rekannya Ko Moo Chi (Lee Hee Joon) yang seorang detektif memulai perjalanan mereka untuk menemukan kebenaran di balik perilaku psikopat tersebut. Apakah sifat-sifat ini bersifat genetik? 

4. Taxi Driver (2021)

https://www.youtube.com/embed/YGvNuUaulUQ

Taxi Driver bercerita mengenai seorang sopir taksi yang melakukan aksi balas dendam atas nama penumpangnya. Kim Do Gi (Lee Jee Hoon) adalah seorang pria jujur dan seorang perwira pasukan khusus.

Tetapi ketika ibunya menjadi korban seorang pembunuh berantai, Do Gi sangat menderita karena hal itu.

Dalam keadaan sedih, Do Gi bertemu dengan Jang Sung Chul (Kim Eui Sung). Do Gi ditawari pekerjaan di sebuah perusahaan taksi yang dikelola oleh Sung Chul, Do Gi menerima tawaran itu dan bekerja sebagai driver untuk Rainbow Taxi.

Bukan merupakan layanan taksi pada umumnya, Rainbow Taxi adalah organisasi rahasia yang bertugas membalas dendam kepada korban yang tidak dilindungi oleh undang-undang.

5. Save Me (2017)

https://www.youtube.com/embed/KAypzNa4Dzg

Save Me adalah serial drama korea yang diadaptasi dari webtoon berjudul Out Of The World karangan Jo Geum San. Sebuah KDrama thriller tentang empat pemuda yang mencoba menyelamatkan temannya dari dari sebuah sekte.

Karena usaha ayahnya bangkrut, Im Sang Mi (Seo Yea Ji) beserta keluarganya pindah ke Muji-gun. Di tempat tinggal barunya, Sang Mi memilki empat teman yang akrab dengannya. Dalam kesusahan, keluarga Sang Mi meminta bantuan kepada Bapa Spiritual Baek Jung Ki dari Goosunwon.

Bukannya mendapat bantuan, Sang Mi dan keluarganya justru terjerumus ke dalam sebuah sekte sesat. Tak tahu harus melakukan apa, Sang Mi hanya bisa berharap pertolongan dari keempat temannya.

6. Strangers From Hell (2019)

https://www.youtube.com/embed/_IbdP33CHkA

Berdasarkan webtoon terkenal karya penulis Kim Yong Ki, KDrama ini bercerita tentang pengalaman mengerikan seorang pemuda desa yang baru saja datang di Seoul.

Yoon Jong Woo (Im Si Wan) adalah pemuda desa yang baru saja mendapat pekerjaan kantoran di Seoul. Karena tak memiliki cukup uang, Jong Woo tinggal di sebuah apartemen kecil, dimana ia harus berbagi dapur dan kamar mandi dengan penghuni lainnya.

Jong Woo tidak akrab dengan tetangganya. Jong Woo merasa penghuni apartemen sangatlah aneh dan mencurigakan.

7. Sky Castle (2018)

https://www.youtube.com/embed/WUSiu8V5Edw

Sky Castle mengambil latar tempat di sebuah apartemen di pinggiran kota Seoul. Di mana dalam apartemen ini terdapat penghuni yang memiliki latar belakang berbeda mulai dari dokter, hakim, jaksa dan profesor. Mereka semua memiliki istri yang mempunyai gengsi sangat tinggi.

Istri-istri ini berharap anak mereka bisa masuk di sebuah Universitas paling bergengsi, tak peduli dengan cara apapun mereka harus bisa mewujudkan impiannya.

Gimana, KDrama di atas dengan nuansa kelam tidak kalah bukan dengan serial garapan Hollywood dengan nuansa yang sama? Kira-kira ada gak KDrama kesukaan kamu pada list di atas?

Baca Juga: Tak Kalah Keren, 9 Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya