Comscore Tracker

Jaga Ucapan, 5 Kalimat Ini Bisa Mematahkan Semangat Pencari Kerja Lho

Kasih semangat saja yuk

Orang yang sedang mencari pekerjaan butuh dukungan dari lingkungan terdekatnya. Namun gak jarang ucapan orang lain justru mematahkan semangatnya. Mungkin maksudnya gak begitu, tapi lima kalimat ini bakal terdengar sensitif bagi para jobseeker. Mau tahu apa saja?

Baca Juga: Pendaftar Membludak Pemkot Solo Tak Perpanjang Pendaftaran CPNS 2019

1. "Sepertinya aku belum pernah dengar nama perusahaan yang kamu lamar, itu kantor apa sih?"

Jaga Ucapan, 5 Kalimat Ini Bisa Mematahkan Semangat Pencari Kerja Lhopexels/tirachard

Mungkin maksud ucapan di atas adalah kamu benar-benar belum tahu identitas perusahaan tersebut. Namun di telinga teman atau kerabatmu yang sedang melamar kerja di sana, pertanyaan itu bisa terdengar menyakitkan.

Seakan-akan perusahaan yang dia tuju sama sekali gak terkenal dan gak menjanjikan. Mungkin bisa diganti dengan ucapan lain seperti ini, "Kalau boleh tahu, tempat kerjamu nanti bergerak di bidang apa?"

2. "Bayarannya gede gak?"

Jaga Ucapan, 5 Kalimat Ini Bisa Mematahkan Semangat Pencari Kerja Lhounsplash.com/Christian Dubovan

Perkara gaji selalu sensitif bagi siapa saja. Maka sebaiknya jangan asal membahas besarnya pendapatan dengan orang lain.

Apalagi pada seseorang yang sedang mencari pekerjaan, dia tentu mengharapkan gaji yang besar. Atau minimal pendapatannya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun siapa yang tahu kan kenyataannya nanti akan seperti apa?

Pertanyaan darimu bisa jadi beban baginya. Ditambah lagi jika tempat kerja yang dituju gak kunjung memberi kejelasan soal status lamarannya. Mungkin sebaiknya diganti dengan ucapan, "Semoga mendapat pekerjaan yang terbaik, ya."

3. "Kayaknya perusahaan itu kurang menjanjikan deh."

Jaga Ucapan, 5 Kalimat Ini Bisa Mematahkan Semangat Pencari Kerja Lhounsplash/ Yuvraj Singh

Kalimat di atas gak hanya mematahkan semangat, tapi juga bisa bikin kesal. Bukannya disemangati agar lebih, malah diganjal dengan ucapan yang seakan-akan meremehkan tempat kerja yang dia tuju.

4. "Masih belum ada kabar dari tempatmu melamar kerja? Lama banget, sih."

Jaga Ucapan, 5 Kalimat Ini Bisa Mematahkan Semangat Pencari Kerja LhoPexels/fauxels

Tanpa perlu kamu tanyai dengan kalimat di atas, percayalah para pelamar kerja pasti harap-harap cemas menanti kabar. Pertanyaan darimu dan orang-orang di sekitar hanya akan membuatnya semakin gak tenang.

Siapa pula yang betah menunggu dalam ketidakpastian? Ketimbang membuatnya makin cemas, coba tawarkan kegiatan positif yang bisa dilakukan bersama untuk mengisi waktu luang sebelum dia mulai bekerja.

5. "Sudahlah kerja seadanya saja."

Jaga Ucapan, 5 Kalimat Ini Bisa Mematahkan Semangat Pencari Kerja LhoPexels/energepic.com

Setelah sekian lama gak ada kabar tentang lamaran kerja yang dikirim, biasanya orang-orang terdekat mulai memberi saran seperti di atas. Menyarankan untuk kerja seadanya saja, dan tanpa sadar membuatnya makin terpuruk.

Dibanding orang lain, dia tentu lebih kecewa dan tertekan karena gak kunjung mendapat pekerjaan. Ucapan dari orang-orang di sekitar yang seakan memintanya untuk pasrah justru memperkeruh suasana.

Jaga lisan yuk, tahan diri dari keinginan mengutarakan lima kalimat di atas pada orang terdekat yang sedang mencari pekerjaan. Meski maksudnya hanya basa-basi, pikirkan ulang apa dampak yang akan muncul dari ucapanmu.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2019 Kudus Diperpanjang Sehari, Sudah 7.000 Pelamar

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya