Comscore Tracker

Daftar Kuliah Dari Rumah, Cara Mendaftar UMS Online Jalur E-Seleksi

Bisa daftar kuliah dari rumah.

Sukoharjo, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. Pendaftaran dibuka mulai 1 Desember 2020 hingga 28 Agustus 2021.

Baca Juga: Peluang Bisnis di Era New Normal Menurut Pakar Ekonomi UMS

1. Menggunakan jalur e-seleksi

Daftar Kuliah Dari Rumah, Cara Mendaftar UMS Online Jalur E-SeleksiPetugas memantau data e-seleksi PMB UMS. IDNTimes/Larasati Rey

Untuk memudahkan calon pendaftar, pendaftran mahasiswa baru UMS ini melalui online, yakni dengan menggunakan jalur e-seleksi. Rektor UMS, Prof.Sofyan Anif menggatakan pembukaan pendaftaran mahasiswa baru dengan menggunakan jalur e-seleksi ini bertujuan untuk mengurangi aktifitas pendaftar untuk datang ke kampus, terlebih ditengah pandemi COVID-19 ini.

"Pendaftaran mahasiswa baru UMS melalui e-seleksi karena saat ini masih pandemi Covid-19," ujarnya.

Sofyan mengatakan dalam pendaftaran mahasiswa baru ini UMS menargetkan sebanyak 8.500 mahasiswa. Kouta tersebut sesuai dengan daya tampung dari semua fakultas di UMS. "Kami optimistis animo pendaftar tahun ini juga tinggi," ungkapnya.

2. Kelulusan dilihat dari tiga katagori

Daftar Kuliah Dari Rumah, Cara Mendaftar UMS Online Jalur E-SeleksiPetugas memantau data e-seleksi PMB UMS. IDNTimes/Larasati Rey

Ketua Panitia PMB UMS periode 2021/2022, Triyono mengatakan jalur e-seleksi mempertimbangkan nilai rapor semester satu hingga tujuh, prestasi akademik dan non akademim serta status akreditasi asal sekolah.

"Itu akan diakumulasi apakah memenuhi passing grade atau tidak. Penentuan kelulusan divalidasi saat itu juga dan bisa langsung diumumkan," jelasnya

Berdasarkan data dari UMS, pada tahun lalu jumlah pendaftar di UMS mencapai 21.676 orang. Masa pandemi Covid-19 juga menyebabkan ada mahasiswa yang membatalkan registrasi karena terdampak pandemi Covid-19.

3. Cara mendaftar lewat e-seleksi

Daftar Kuliah Dari Rumah, Cara Mendaftar UMS Online Jalur E-SeleksiPetugas memantau data e-seleksi PMB UMS. IDNTimes/Larasati Rey

Adapun cara pendaftaran mahasiswa baru dengan menggunakan jalur e-seleksi sebagai berikut; calon pendaftar cukup kunjungi laman PMB UMS di link https://pmb.ums.ac.id/ .

Kemudian klik tulisan 'Daftar Sekarang', setelah itu calon pendaftar akan diminta untuk membuat data akun untuk login di PMB UMS. Setelah itu, tinggal mengiri data pribadi, dan pilihan program studi yang akan diambil. Kemudian, peserta akan diminta untuk menginput nilai rapor dan prestasi (jika ada), serta melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

"Pengumunan hasil bisa dilihat dengan cepat, jadi kalau pagi mendafatr, siang atau sore hari sudah bisa dilihat lolos atau tidaknya," ujar Triyono.

Baca Juga: IDN Times Ajak Mahasiswa UMS Bikin Konten Berfaedah

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya