Ramalan Jepang! Cek Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah

Digunakan perusahaan untuk mencari kandidat juga, lho

Meski tidak terbukti secara ilmiah, banyak orang Jepang yang meyakini bahwa kepribadian seseorang dapat dikenali dari golongan darahnya.

Obsesi orang Jepang terhadap golongan darah bahkan sampai ke tingkat melecehkan atau diskriminatif, yang disebut dengan istilah "buruhara".

Di Jepang, "Apa golongan darah kamu?" sudah menjadi pertanyaan umum dalam segala aspek kehidupan, dari perjodohan sampai melamar pekerjaan.

Kamu mungkin juga akan sering menemukan berbagai produk yang ditujukan untuk golongan darah tertentu.

Baca Juga: 7 Cara Wanita Jepang Tetap Awet Muda Gak Harus Perawatan Mewah 

1. Asal mula obsesi Jepang terhadap golongan darah

Ramalan Jepang! Cek Kepribadian Berdasarkan Golongan DarahIlustrasi golongan darah (instagram.com/shimo_kaji_love)

Golongan darah dan kepribadian dikaitkan pertama kali oleh psikolog Jepang bernama Furukawa Takeji pada tahun 1931. Furukawa menerbitkan jurnal yang mengatakan bahwa ada hubungan antara golongan darah dan temperamen seseorang dari pengalaman pribadinya.

Studi tentang golongan darah di Jepang kemudian menarik lebih banyak peminat setelah diterbitkannya buku pada tahun 1970-an oleh Masahiko Nomi, yang tidak memiliki latar belakang medis.

Hal itu tentu membuat sebagian besar orang merasa semakin skeptis, meski banyak pula yang percaya. Obsesi ini lalu berkembang dengan cara yang tidak biasa.

Kabarnya, tim softball putri Jepang yang memenangkan medali emas di Olimpiade Beijing menggunakan teori golongan darah untuk menyesuaikan pelatihan setiap pemain.

Sejumlah taman kanak-kanak pun mengadopsi metode pengajaran berdasarkan golongan darah. Ya, obsesi Jepang terhadap golongan darah seolah menjangkau semua aspek kehidupan. Bahkan, memengaruhi politik negara itu.

2. Kepribadian golongan darah A

Ramalan Jepang! Cek Kepribadian Berdasarkan Golongan DarahIlustrasi golongan darah A (instagram.com/bloodtype_ch)

Orang yang bergolongan darah A biasanya perfeksionis, ramah, pekerja keras, seorang team player yang baik, taat aturan, dan bertanggung jawab.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Akan tetapi, orang dengan golongan darah ini juga keras kepala, terlalu berhati-hati, dan sering berpikir berlebihan.

Orang mungkin berpikir kamu orang yang dingin, tetapi sebenarnya kamu hanya akan terbuka pada orang-orang yang dekat saja. Kamu juga sangat memedulikan waktu dan standar tinggi. Di saat yang sama, kamu juga dikenal mudah stres.

3. Kepribadian golongan darah B

Ramalan Jepang! Cek Kepribadian Berdasarkan Golongan DarahIlustrasi golongan darah B (instagram.com/bloodtype_ch)

Sekadar informasi, pria bergolongan darah B dinilai pacar yang buruk di Jepang dan Korea karena sering dicap sebagai playboy.

Orang dengan golongan darah B umumnya berpikir rasional, optimis, mandiri, tulus, dan cepat beradaptasi. Sisi negatifnya, orang dengan golongan darah B juga terkadang egois, keras kepala, dan suka melanggar peraturan.

4. Kepribadian golongan darah O

Ramalan Jepang! Cek Kepribadian Berdasarkan Golongan DarahIlustrasi golongan darah O (instagram.com/bloodtype_ch)

Orang yang punya golongan darah O umumnya baik, percaya diri, ceria, positif, dan jujur. Walaupun tampak kuat dan tegar di luar, mereka sebenarnya cukup sensitif di dalam.

Tak hanya itu, orang bergolongan darah B dikenal romantis, tetapi juga cemburuan, serta cenderung suka mengendalikan dan arogan.

5. Kepribadian golongan darah AB

Ramalan Jepang! Cek Kepribadian Berdasarkan Golongan DarahIlustrasi golongan darah AB (instagram.com/bloodtype_ch)

Orang dengan golongan darah AB terkenal eksentrik. Mereka seperti punya kepribadian ganda dan mudah beralih dari ekstrovert ke introvert, atau sebaliknya. Menariknya, penjahat di dalam manga dan anime Jepang biasanya bergolongan darah AB.

Kalau golongan darah kamu AB, mungkin kamu lebih suka bergaul dengan beberapa teman, suka berpikir rasional, dan dapat dipercaya. Haya saja, karena sikap kamu yang terlalu santai dan tidak tegas, orang-orang di sekitarmu sering merasa kesal.

Bagaimana, apakah kepribadian menurut golongan darah sesuai dengan kepribadian kamu, atau mungkin bertolak belakang?

Baca Juga: 5 Rahasia Kulit Cerah ala Wanita Jepang yang Eksotis, Ampuh!

Agnes Augustine Photo Community Writer Agnes Augustine

Writing is my passion. Japan is my favourite country.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya