Jurnalis IDN Times Raih Anugerah Jurnalistik Kominfo 2023

Juara di kategori media online

Semarang, IDN Times - Jurnalis IDN Times, Dhana Kencana berhasil menjadi juara di ajang kompetisi jurnalistik nasional. Kali ini, ia menjuarai Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2023, yang mana puncak penganugerahannya diadakan pada Kamis (30/11/2023) di Jakarta.

1. Mengangkat semangat gotong royong

Jurnalis IDN Times Raih Anugerah Jurnalistik Kominfo 2023Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nezar Patria (kedua kanan) berfoto bersama pemenang kategori Media Online saat acara puncah Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023). (Dok. Kementerian Kominfo)

Dhana berhasil menjadi juara kedua di kategori Liputan Media Online Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2023, dengan juri Asep Setiawan, Maman Suherman, dan Wisnu Nugroho. Karyanya berjudul Tebengan Wifi Internet Burjo Bawa Keramik Salatiga Mendunia terpilih menjadi pemenang.

"Karya tersebut menceritakan spirit gotong royong antarmasyarakat di bawah yang saling mendukung dan menguatkan untuk pertumbuhan ekonomi bersama. Apalagi ketika saat pandemik COVID-19 melanda Indonesia. Kebermanfaatan infrastruktur digital dirasakan oleh masyarakat di pelosok," katanya usai menerima penghargaan ajang yang sudah berlangsung sejak 2018 itu.

Untuk diketahui, AJK 2023 melombakan lima kategori. Mulai dari Liputan Media Online, Media Cetak, Televisi, Radio, hingga Foto Jurnalistik.

Sebanyak 10 karya terbaik dari masing-masing kategori dijadikan dalam sebuah buku berjudul 50 Karya Terbaik Anugerah Jurnalistik Kominfo 2023.

Baca Juga: 5 Strategi Atasi Creative Block yang Sering Dialami Content Creator!

2. Apresiasi kepada jurnalis Indonesia

Jurnalis IDN Times Raih Anugerah Jurnalistik Kominfo 2023Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Budi Arie (keempat kanan) dan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nezar Patria (keempat kiri) berfoto bersama para pemenang saat acara puncah Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023). (Dok. Kementerian Kominfo)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengapresiasi jurnalis peserta dan pemenang AJK yang telah menjadi saksi perjalanan transformasi digital nasional.

Menurutnya, jurnalis memiliki tanggung jawab untuk memastikan penyebaran informasi yang kredibel, obyektif, independen, dan berkualitas.

“Saya mengapresiasi dedikasi dan kontribusi mereka dalam meliput kemajuan transformasi digital nasional,” ujarnya.

3. Pemenang ajang UNICEF

Jurnalis IDN Times Raih Anugerah Jurnalistik Kominfo 2023Jurnalis IDN Times, Dhana Kencana saat memberikan sambutan di acara Puncak Anugerah Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2023. (Dok. IDN Times)

Sebelumnya, masih di bulan yang sama, Dhana sukses menjadi juara Special Mention: Perubahan Iklim dan Anak kategori foto jurnalistik di ajang Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2023 yang diadakan UNICEF dan AJI.

Lalu, ia menyabet juara II Lomba Jurnalistik Wartawan Jateng 2023 yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Jurnalis IDN Times Raih Penghargaan Karya Terbaik Anak 2023 UNICEF

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya