Comscore Tracker

Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jateng, Trending di Twitter  

Warganet dibuat penasaran darimana asal suara

Semarang, IDN Times - Warga di wilayah Jawa Tengah digegerkan dengan terdengarnya suara dentuman misterius Senin (11/5) dinihari.

Suara dentuman tersebut terdengar oleh waga antara pukul 00.20 WIB hingga jelang waktu sahur yakni sekitar pukul 02.30 WIB. Terdengarnya suara dentuman tersebut ramai menjadi pembahasan di media sosial. Di twitter dentuman menjadi trending pembahasan warganet.

Baca Juga: Suara Dentuman, PVMG Sebut Bukan Dari Erupsi Gunung Anak Krakatau

1. Dentuman misterius di dengar warga di Semarang hingga Surakarta

Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jateng, Trending di Twitter  www.instagram.com/wisatasemarang

Suara dentuman misterius tersebut menurut pembahasan warganet terdengar mulai dari Semarang, hingga beberapa daerah di Solo Raya, seperti Surakarta, Karanganyar dan juga Boyolali.

Seorang warganet menyatakan awalnya dentuman tersebut dikira merupakan suara guntur, namun ternyata suara dentuman tersebut terdengar hingga ke daerah-daerah lainnya di Jawa Tengah.

@mbahbir
Sempet dengar tak kira suara gluduk jebule semua dengar suara dentuman misterius.. Wajah menangis kencang

@tamaa_Impala
Ini aneh tapi nyata. Fucek sekali
Ku kira tadi suara dentuman biasa, karena rumah deket jalan tol. Kirain suaranya dri situ, ternyata orang2 juga merasakan hal yg sama.
Dan yg paling anehnya, jam 12 an tadi ayam ku juga bengok2 sendiri pdhl biasanya enggak.

2. Tak ada aktivitas seismik maupun letusan gunung

Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jateng, Trending di Twitter  Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Jumat (10/4) pagi pukul 09.10 WIB.  Dok. BPPTKG

Banyak diantara warganet yang bersepekulasi dentuman tersebut berasal dari letusan atau Erupsi Gunung Merapi, namun menurut pantuan IDN Times ke media sosial BMKG maupun BPPTKG tidak ada laporan terjadinya aktivitas seismik maupun erupsi di Gunung yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan DIY tersebut.

3. Diperkirakan berasal dari suara pesawat jet yang melintas Jawa Tengah

Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jateng, Trending di Twitter  Hurriyet Daily News

Stasiun Geofisika Banjarnegara menyatakan suara dentuman yang terdengar hingga ke beberapa wilayah di Jawa Tengah diperkirakan akibat dari dampak sonic zoom. Suara dentuman tersebut terdengar sampai ke Solo, Grobogan, dan Sragen.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie mengungkapkan sonic zoom merupakan gelombang kejut atau shock waves yang dipicu dari suara pesawat jet yang diperkirakan melintas di wilayah Jawa Tengah.

"Itu gelombang suaranya melebihi kecepatan suara umumnya maupun aktifitas vulkanik," ujar Setyoajie saat dikontak IDN Times, Senin (10/5).

4. Pada 11 April 2020 yang lalu juga terdengar dentuman misterius di Jabodetabek

Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jateng, Trending di Twitter  indonesia.go.id

Pada Apri lalu, masyarakat juga dihebohkan dengan suara dentuman yang terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut tidak ada aktivitas gempa tektonik yang kekuatannya signifikan di wilayah Jawa Barat, Jakarta dan Banten akibat erupsi anak Gunung Krakatau. 

Baca Juga: Setelah Jabodetabek, Kini Suara Dentuman Terdengar di Jawa Tengah 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya